Qobiltu, Anda Sah Memakai Domain [ .CO.ID ] Gratis !

Selamat, Blogspot.com menjadi co.id


Guys,
Domain .com yang bertahun-tahun melekat diblogspot telah berubah menjadi blogspotspot.co.id, per 3 September 2015. Terlepas dari maksud Google bahwa blog harus tidak melanggar kebijakan suatu negara (kalau kalau melanggar domaian blogspot akan dihapus dinegara tersebut), Menurut saya, memang lebih keren menggunakan blogspot.co.id ketimbang blogspot.com. Kalau Wong Jogja bilang adalah "lebih mriyayeni" dan meng-Indonesia banget.

Perubahan inipun telah (dan akan) diberlakuan dibanyak negara dengan menggunakan kode negara masing-masing.Walaupun demikian, karena Google sudah begitu kaya, perubahan ini tidak lantas para blogger kena biaya sewa tahunan domain tetapi tetap Free of Charge alias gratis.



Tetapi, perubahan ini memberikan dampak kepada blog kita. Para Blogger pakar telah memetakan beberapa dampak serius atas perubahan ini seperti membengkaknya rangking Alexa, Iklan Google Adsense Tidak Tampil, Duplikasi Content (?), Widget yang terdapat Link alamat blog jadi tidak berfungsi,  Pengurangan Domain Authority, Pengurangan Page Authority, Hilangnya Domain Age, Hilangnya Jumlah Share di Media Social, dan lain sebagainya. 


Tentu saja dampak ini dapat di kendalikan dengan cara-cara tertentu. Bagi blogger "kacangan"  yang nge-blog karena mood seperti saya, langkah pertama pasti googling untuk menemukan panduan tepat yang diuraikan pada blogger pakar.

Nah, bagi anda yang blognya tidak ingin berubah menjadi blogspot.co.id, coba pasang script berikut di bawah <head>, dijamin domain blogspot.com blog anda tidak berubah, kata om didin.

"<script type='text/javascript'> var str= window.location.href.toString(); if ((str.indexOf('.com/'))=='-1') { var str1=str.substring(str.lastIndexOf(".blogspot.")); if (str1.indexOf('/')=='-1') { var str2=str1; } else { var str2=str1.substring(0,str1.indexOf('/')+1); } window.location.href =window.location.href.toString().replace(str2,'.blogspot.com/ncr/'); } </script>"

atau kode dibawah ini:
"<script type="text/javascript"> var blog = document.location.hostname.split("."); if (blog[blog.length - 1] != "com") {var ncr = "http://" + blog[0] + ".blogspot.com/ncr";window.location.replace(ncr + document.location.pathname);</script>"

Oh ya, yang perlu dipahami, berapa lama script in berfungsi dan apakah baik bagi kesehatan blog kita, baiknya konsultasi dulu dengan para ahli. Anyway, Qobiltu deh, anda sah memakai domain blogspot.co.id !




Komentar

  1. tadi sudah browsing tentang ini tapi kalau menambahkan widget yg tetep com katanya gak baik, baiknya nurut aja gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak, menurut saya begitu karena kebijakan .co.id itu resmi dari googlenya, jadi menurt saja sama google akan lebih baik... :)

      Hapus
  2. Kl pake kode2an gitu aku ga bisa mbak... Hiks :'(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, kadang memang malah membuat gak enggak baik blog kita dimata google.

      Hapus
    2. apalagi saya mbak kalo dah ngomongin kode-kodean mah langsung mumet ndasku :D

      Hapus
    3. Sama dong kalu gitu... :)

      Hapus
  3. wah ada kodenya yaaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, tapi baiknya alami saja ngikut google... :)

      Hapus
  4. Dari hasil googling katanya kalu paki kode itu menyalahi TOS apalagi bagi yang main adsense mbak, Mening Qobiltu aja kan mbak, ha..ha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul mas, ngikut saja sama google jauh lebih baik.. :)

      Hapus
  5. Lebih keren co.id menunjukkan Indonesia nya

    BalasHapus
  6. Iya bener mbak kalo domainnya menggunakan dot co.id jadi lebih indonesia banget, tapi kenapa baru sekarang yah? padahal negara-negara lain udah lama menggunakan domain sesuai dengan negaranya masing-masing.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itulah mas, Mungkin saja momennta memang baru dipaskan di tahun 2015... :)

      Hapus
  7. Ikuti alur aja mbak kalau saya :-) yang penting gak kena google panda / pinguin dsb,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya....lagian kita tetap bisa pakai blogspot denegan gratis, kan?

      Hapus
  8. bener mba, pengguna blogspot sudah dikasih gratis seharusnya gak perlu komplen... wkwkwkwkwk tapi untuk sekarang kayanya udah balik lagi jadi .com kok

    BalasHapus
  9. kalau saya sih ikut kata google saja deh mbak, atau kalau memang begitu, saya akan rubah domainnya menjadi dot com

    BalasHapus
  10. Sudah sah ya mbak, Alhamdulillah... blogspot resmi kawin sama orang pribumi. hehehe

    BalasHapus
  11. Beneran nih mbak perubahan terjadi dimana-mana.. beberapa tmn blogger lain juga bilang tuh kalo misalnya banyak iklan ga muncul. tapi namanya juga perubahan, dan memang keren sih kalo pake .id itu tadi.. gregeeeets bangets :3

    BalasHapus
  12. bagus infonya mbak, thx nih membantu banget

    BalasHapus

Posting Komentar

HIMBAUAN BERKOMENTAR :
1. Tersenyum Dulu | 2. Berkomentarlah sesuai dengan artikel diatas | 3. Gunakan Open ID / Name Url / Google+ | 4. Gunakan Bahasa Yang Jelas | 5. Jaga Kesopanan Ingat Pasal 27, Pasal 28, dan Pasal 29 UU ITE :) | 6. Jangan Nye-SPAM | 7. Maaf, link aktif otomatis terhapus| 8. Jangan Berpromosi | 9. Jangan minta transfer pulsa | 10. Begitulah.

Postingan Populer