Berharap Umur Diatas 60 Tahun, Ini Yang Saya Lakukan !


Tidak perlu takut menjadi tua karena itu pasti akan datang bila Tuhan 
memanjangkan umur kita, sama halnya seperti datangnya kematian yang memutus semua kenikmatan, itu pasti !  - (Anomin)

---------o0o----------

Berharap Umur Diatas 60 Tahun, Ini Yang Saya Lakukan ! - Umur panjang adalah harapan setiap manusia. Apalagi kalau umur tersebut dibarengi dengan kesehatan dan manfaat. Saya mengangkat tangan karena termasuk salah satu dari mereka yang sependapat dengan hal tersebut.

Yang pasti, umur panjang itu tidak harus seperti Nabi Nuh As yang dikarunia usia sampai 950 Tahun. Bisa-bisa malah merepokan sanak dan saudara karena harus terkapar tak berdaya di tempat tidur. Tidak juga seperti Nabi Isa yang wafat pada umur 33 tahun. Menurut saya, terlalu muda untuk kembali keharibaan-Nya.

Saya selalu berharap, bilakah saya akan mencapai umur diatas 60 tahun atau bahkan melampuhi harapan hidup rata-rata orang Indonesia yakni 71 tahun. Rosululloh Muhammad SAW sendiri berpulang pada umur 63 tahun. Dalam benak saya, mencapai umur lebih dari 60 tahun merupakan karunia kehidupan yang luar biasa. Secara umum, seseorang yang berhasil mencapai umur tersebut akan merasakan nikmatnya dipanggil kakek atau nenek oleh para cucu. Saya yakin itu kebahagiaan tersendiri. 

Walaupun demikian, saya meyakini bahwa umur manusia sudah ditetapkan semenjak masih dalam kandungan ibu bersama dengan jodoh, rizki dan kebahagiaan atau kecelakaan hidup. Tidak satupun manusia mengetahui ketetapan Allah atas 4 hal tersebut. Teka-teki itu tetap menjadi rahasia abadi dan hanya Allah Azza wa Jalla pemilik rahasia itu. 

Lalu, apa yang telah, sedang dan terus saya lakukan untuk itu mencapai harapan itu? - Saya berusaha mengelola pikir secara santun. Legowo menerima apapun yang Allah berikan serta berupaya menyeimbangkan hablumminnallah dengan hablumminnanas.

Manifestasinya adalah melakukan 4 hal dasar yang saya yakini kebenarannya - Semoga Allah menghindarkan saya dari sifat Ujub, Riya' dan sifat-sifat tercela lainnya.


Sholat.: S H O L A T  
Sholat menjadi jembatan saya menemui Sang Pencipta (Hablumminnallah), meminta apapun yang saya butuhkan dalam kehidupan ini. Sholat juga menjadi wujud penghambaan saya, mensyukuri nikmat, mengagungkan keesaan dan memuji kebesaran-Nya. 

Dalam sholat inilah saya meminta untuk diberi umur panjang yang sehat dan bermanfaat, untuk mendapatkan keselamatan dunia maupun akhirat. Selebihnya aadalah dimampukan untuk melihat anak-anak meraih cita-citanya. Inilah do'a saya :

ALLOOHUMMA THOWWIL ‘UMUURONAA FII THOO’ATIKA WA THOO’ATI ROSUULIKA WAJ’ALNAA MIN ‘IBAADIKASH SHOOLIHIIN
“Ya Allah, panjangkanlah umur dalam mentaati-Mu dan mentaati utusan-Mu serta jadikanlah kami hamba-hamba-Mu yang sholeh.”


Sehat.: S E H A T
Menjaga kesehatan adalah hal penting untuk mencapai usia lebih dari 60 tahun. Artinya perlu usaha tertentu untuk menjaga kesehatan fisik jasmani. Saya mulai membiasakan diri menjaga pola makan yang benar serta mengkonsumsi makanan sehat dengan takaran yang sesuai.

Di usia yang hampir berkepala empat saat ini, saya memperhatikan betul keseimbangan antara aktifitas dan istirahat. Tidak lupa adalah olah raga walaupun hanya sekedar jalan-jalan kecil keliling kampung, ke masjid atau ke pasar. Hal ini saya maksudkan untuk membakar lemak dan kalori yang mengendap dalam tubuh.

Ibnu Umar berkata: "Jika kamu berada di sore hari jangan tunggu pagi hari, dan jika kamu berada  di pagi hari jangan tunggu sore hari, gunakanlah kesehatanmu untuk (persiapan saat)  sakitmu dan kehidupanmu untuk kematianmu"
(HR.al-Bukhari)


Sedekah.: S E D E K A H 
Sedekah itu tidak harus berupa harta benda. Sedekah bisa berupa apa saja asal membawa manfaat bagi orang lain. Begitulah apa yang saya pahami berdasarkan hadits-hadits yang diriwayatkan para ulama.

Bagaimana saya bersedekah ? Minimal bagi saya adalah menjaga hubungan baik dengan tentangga dan saudara, menolong sekemampuan saya, dan membuat mereka tersenyum dan gembira bila saya berada ditengah-tengah mereka. Tidak ada yang lebih indah dalam hidup ini selain bermanfaat bagi sesama, bukan ?

Selain mendatangkan rejeki, sedekah juga dapat memperpanjang usia dan mampu mengubah takdir. Tidak menutup kemungkinan umur kita akan dipanjangkan oleh Allah hingga mencapai lebih dari 60 tahun bila membiasakan diri dengan bersedekah.

"Sedekah dapat merubah takdir yang mubram (pasti) " (HR. Bukhari, Muslim, at-Tirmidzi, Imam Ahmad) 


Silaturahmi
.: S I L A T U R A H M I
Banyak keajaiban yang didapat dengan bersilaturahmi. Saya sering mendapatkan hikmahnya baik secara ekonomis maupun hanya sekedar perasaan bahagia (Happiness Inside). Silaturahmi ini sangat disarankan dalam Islam dan menjadi salah satu bentuk amal perbuatan baik kepada sesama manusia (Hablumminnanas). 

Salah satu keajaiban silaturahmi ini adalah dapat mempanjang umur. Berikut hadists yang menguatkan pendapat tersebut.

"Barang siapa yang ingin diluaskan rizkinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah ia menyambung kerabatnya."  (HR. Bukhari)

Thus, aktif dalam kegiatan-kegiatan di lingkungan kampung seperti pengajian, kesenian angklung, arisan, PKK, Posyandu dan sebagainya adalah cara saya memaknai silaturahmi ini. Silatuhami itu sendiri tidak harus bertemu secara fisik bila intinya adalah 'menyambung dan memelihara hubungan persaudaraan'. Aktifitas berkunjung secara virtual ke blog sahabat juga merupakan bentuk silaturahmi. Tingkatan silaturrahim yang paling rendah adalah menghubungi dengan mengucapkan salam lewat telepon, sebagaimana Sabda Nabi Muhammad SAW :

"Hubungilah kaum kerabat kalian walaupun dengan salam." (Shahiihul Jaami', dari Ibnu 'Abbas radhiyallahu'anhuma)

Nah, empat hal tersebutlah apa yang telah, sedang dan terus saya lakukan untuk mencapai karunia Allah berupa umur panjang yang sehat dan bermanfaat diatas 60 tahun. Bila Allah berkehendak, maka masa itu akan saya alami dua puluhan tahun mendatang dan saya pun akan dipanggil nenek,...nenek Yuni !

Wallahualam bissawab


Komentar

  1. Terima kasih atas partisipasi sahabat dalam Giveaway Road to 64 di BlogCamp
    Segera didaftar sebagai peserta
    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Pakde...semoga sukses GA-nya..Amien..

      Hapus
  2. Mbak, beli es-nya empat. #eh

    Semoga sukses mbak rencananya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekalian, baksonya 'gak mas....murah meriah....discount 10% :)

      terima kasih doa'nya....

      Hapus
  3. Se7 mulai aktif dengan kegiatan dalam kepengurusan RT sendiri. agar bisa bermamfaat oleh sesama ... saya pernah jadi bendara / sekretaris pengurus RT. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas...:)
      Biasanya kalau sudah pernah jadi pengurus RT...kelak Jadi Sekdes trus kades...he..he..he...

      Hapus
    2. datang berkunjung sambil menyimak, o iya minal aidin walfaidin ya, ditunggu kunbalnya

      Hapus
    3. Terima kasih kunjungannya ..sama-sama Taqoballahu minna wa minkum

      Hapus
  4. Saya mengucapkan minal aidin walfaidin mohon maaf lahir dan batin, salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih...Taqoballahu Minna Wa Minkum....

      Hapus
  5. berkunjung, minal aidin walfaidin mohon maaf lahir batin, jangan lupa kunbalnya ya ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. he...he...he....sama-sama Taqoballahu minna wa minkum

      Hapus

Posting Komentar

HIMBAUAN BERKOMENTAR :
1. Tersenyum Dulu | 2. Berkomentarlah sesuai dengan artikel diatas | 3. Gunakan Open ID / Name Url / Google+ | 4. Gunakan Bahasa Yang Jelas | 5. Jaga Kesopanan Ingat Pasal 27, Pasal 28, dan Pasal 29 UU ITE :) | 6. Jangan Nye-SPAM | 7. Maaf, link aktif otomatis terhapus| 8. Jangan Berpromosi | 9. Jangan minta transfer pulsa | 10. Begitulah.

Postingan Populer