Bila Sarjana VS Lulusan SD


Warung Mie Ayam

Apa yang membedakan seorang sarjana dan lulusan SD ketika hendak membuka usaha atau bisnis ? 


Fakta menunjukkan bahwa semakin tinggi pendidikan seseorang, maka akan semakin analitis pemikirannya. Oleh karenanya, akan selalu mempertimbangkan segala sesuatu menurut logikanya. Bahkan cenderung menggunakan rumus-rumus tertentu seperti yang diajarkan dibangku kuliahnya dulu.

Bila seorang sarjana dan lulusan SD sama-sama berencana membuka warung Bakso atau Mie Ayam, misalnya, maka Si Sarjana dipastikan akan menghitung-hitung secara detail berdasarkan teori-teori ekonomi pemasaran. Minimal dalam benak Si sarjana akan membuat analisa berdasarkan teori-nya Philip Kotler, 4P (product, price, place, promotion). Si Sarjana akan memeras otak untuk mendapatkan kesimpulan terkait demand, kompetitor, analisa profit dan kawan-kawannya. Walaupun itu hanya sekedar membuka sepetak warung makan, bakso atau mie ayam.

Dalam kondisi kemampuan modal yang sama misalnya, lulusan SD apakah memikirkan hal itu? Apakah menganalisa dan mendasarkan pada teori-teori seperti yang dilakukan oleh Si Sarjana?

Saya sangat yakin bahwa lulusan SD hanya berfikir ala orang nekat ! Tidak banyak Teori ! Ada modal berapa langsung bertindak. Tidak perlu banyak pertimbangan dan analisa ini-itu. Laku atau tidak menjadi urusan nanti, yang penting mengatualisasikan ide dan pemikiran secara nyata dahulu.  

Banyak cerita yang menujukkan, justru mereka tetap survive, berkembang bahkan menambah cabang atau minimal warungnya tambah besar. Tak sedikit juga dari mereka yang akhirnya sukses, berkecukupan dan bertitel haji atau hajjah. Artinya mereka "dimampukan" oleh Tuhan.

Jadi, yang membedakan antara seorang sarjana dan lulusan SD itu terletak pada masalah keberanian dan kenekatan untuk bertindak. Tidak terjebak pada paradigma teoritikal semata. Lihatah, akhirnya banyak orang bergelar sarjana yang akhirnya hanya bermental pegawai atau karyawan. Orang yang disuruh-suruh dengan gaji harian diberikan secara bulanan.

#AkuRinduBerani #AkuMenasehatiDiriSendiri 



   

Komentar

  1. ya..banyak kok wirausaha sukses malah berpendidikan rendah...intinya mmg keberanian untuk memulai usaha tanpa mikir banyak penerapan teori ehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mak Ruzi : Itulah mak, menurut saya inti permasalahannya. Matur Nuwun telah mengunjungi Blog Saya...:)

      Hapus
  2. bener tu mak, seringkali yang berpendidikan tinggi malah terkesan menang teori saja :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mak Zefy, Karena menang teori itulah akhirnya banyak berfikir, banyak pertimbangan akhirnya malah tidak ada realisasi.

      Hapus
  3. Setuju banget orang sekolah ketinggian itu kebanyakan teori.. tapi orang berpendidikan rendah, biasanya juga nekatnya kelewatan. nekat tapi gak realistis. hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. He..he...he...begitulah isinya dunia...:)

      Hapus
  4. Tapi lebih bagus lagi berteori dan bertindak mak. Action tanpa ilmu itu mengkhawatirkan soalnya. Jd, studi kelayakan bisnis itu perlu, meski studinya hanya sebatas omong-omong..itu, menurut saya mak:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. he he he...justru itulah perbedaannya mak erlin, saya membaca realita mak. Secara idealis memang bagus dua-duanya ( Teori dan Action ). But, Makasih masukannya mak erlin...:)

      Hapus
  5. Teori dan segala macam perhitungan akan resiko tetap perlu ada baru kemudian dilanjutkan ke action. Tapiiii, kebanyakan perhitungan juga bisa menghilangkan keberanian dan semangat yang sudah dimiliki sebelumnya. Menurut saya, yang ideal adalah segera eksekusi dengan pertimbangan matang dan pengetahuan tentang resiko yang akan didapat. Biar nggak shock @-) kalau hasilnya belum sesuai harapan

    BalasHapus
  6. terimakasih untuk share info nya gan,ini menarik sekali untuk disimak :-)

    BalasHapus

Posting Komentar

HIMBAUAN BERKOMENTAR :
1. Tersenyum Dulu | 2. Berkomentarlah sesuai dengan artikel diatas | 3. Gunakan Open ID / Name Url / Google+ | 4. Gunakan Bahasa Yang Jelas | 5. Jaga Kesopanan Ingat Pasal 27, Pasal 28, dan Pasal 29 UU ITE :) | 6. Jangan Nye-SPAM | 7. Maaf, link aktif otomatis terhapus| 8. Jangan Berpromosi | 9. Jangan minta transfer pulsa | 10. Begitulah.

Postingan Populer