Julia Perez akan Jadi Ibu Negara ?


Julia Perez
Credit Photo

Kali ini aku harus bilang "WOW" sambil jalan mundur ke kamar mandi atas keberanian seorang Julia Perez. Artis yang bernama asli Yulia Rachmawati terang-terangan "menggoda" seorang duda keren, tokoh nasional yang lagi naik daun.

Entah serius, sekedar mencari sensasi atau justru sudah disetting sedemikian rupa, julia perez di akun twitternya @juliaperrez membuat heboh dunia maya dengan "menawarkan diri" menjadi istri tokoh ini.
 "Dear Pak@Prabowo08 , Jupe siap dipinang kapan aja Bapak mau. Bapak kan mau jadi presiden butuh istri, Jupe siap pak..#RI 1."
Jelas yang dimaksud dengan Pak Probowo adalah Prabowo Subianto salah satu capres yang didukung oleh enam partai besar di Indonesia. Dalam waktu singkat, Prabowo pun membalas twit Jupe,
"Terima kasih untuk dukungannya selama ini, mbak @juliaperrez."
Apakah anda mempunyai pertanyaan yang sama seperti saya yakni, bolehkah seorang perempuan menawarkan diri untuk dinikahi seorang laki-laki ?

Perspektif Sosial
Pada dasarnya tidak ada larangan bila ini terjadi. Akan tetapi lingkungan sosial terkadang masih melihat hal ini sebagai sesuatu yang "sedikit tabu". Tetapi bukanya tidak boleh. Masalah tabu adalah masalah presepsi. Biasanya orang memandang bahwa seorang perempuan yang menawarkan diri untuk dinikahi seorang laki-laki dipandang tidak "laku" maka itu terjadi.

Adakalanya ini terjadi karena masalah perasaan yang terpendam dan terlalu lama menunggu laki-laki meminangnya. Maka untuk menemukan titik temu, perempuanlah yang mengambil inisiatif untuk memulainya.

Perspektif Agama
Menawarkan diri pada lelaki juga diijinkan dalam agama (Islam). Prasaratnya adalah laki-laki tersebut pasti agamanya dan pasti kualitas akhlaknya. Yang tidak pasti adalah hanya satu yakni, diterima atau tidak. Andai ditolak pun sebenarnya bukanlah kehinaan. Hanya menumbuhkan ladang kesabaran yang niscaya menumbuhkan pahala.

Hal ini lebih baik daripada menunggu yang tak pasti yakni tak pasti agama dan akhlaknya. Bahkan juga tak pasti pula datangnya.

Menawarkan Diri Berbeda Dengan Menghibahkan Diri
Menawarkan diri mempunyai status sama-sama tingginya dengan laki-laki. Dalam bahasa diplomasi adalah mempunyai bargain (daya tawar) yang sama. tetapi kalau mengibahkan diri mempunyai kedudukan yang rendah karena harus menyerahkan diri secara total tanpa tebusan.

Karena syarat syahnya pernikahan membutuhkan tebusan sebagai mahar maka menghibahkan diri kepada seorang lelaki tidaklah dibolehkan. Dikwatirkan nantinya si lelaki menikahi si wanita tanpa mahar dan tanpa wali. Inilah bedanya.

Dalam fenomena Jupe ini, andai kata benar, maka bila dipahami dari segi bahasanya Jupe tidak menghibahkan diri tetapi menawarkan diri. Apabila melihat prasyarat di atas, maka boleh-boleh saja dan sah-sah saja.

Sayangnya maksud jupe sepertinya hanya sekedar sensasi karena sebelumnya Jupe menulis di twitternya sebagai berikut :
 “Pak @Prabowo08 itu orang yang baik dan sopan.. Dia mau jawab semua tweets penggemar..Jadi jangan salah mengartikan,,… Saya sangat hormat.”
dan,
 “@Prabowo08 ketika melihat bapak pidato mengingat saya akan Bung Karno.. Jadi wajar saya ngefans sama Bung Karno..dan juga Pak Prabowo”

Tetapi, apabila ini benar-benar terjadi, maukah kita mempunyai ibu negara seorang Jupe ? Kalau toh pun kita tidak mau dan menolaknya, lha memangnya yang mau menikah itu siapa ?




Komentar

  1. Xixixiix....
    Saya suka sekali menulsinya dari sudut ini, memangsih tidak ada yang salah menawarkan diri kan bukan menghibahkan (emang apaan) akan tetapi Jupejadi Ibu negara? Dia pinter sih...tapi...saya ak yakin dia cukup bijak dalam memberikan keputusan2 tentang kewanitaan, IMO :D

    BalasHapus
  2. baru tau gosipnya nih
    ngakak dg sensasi jupe

    klo aku gak rela euy jupe jd ibunegara

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mak. Tapi kalau prabowonya mau gimana coba ?

      Hapus
    2. Saya juga gak rela Mak...dengan jupe yg masih seperti sekarang...hehehe...:-)

      Hapus
    3. Siapa tahu mak, jupe berubah total setelah jadi istri prabowo..he he he...tapi saya juga emoh kalau dia jadi ibu negara...;)

      Hapus
    4. Aku ga rela punya ibu negara kayak gini. Aduh, ancur mak :P

      Hapus
    5. @Mak Efi : bisa masuk guiness book of the record mak...Ibu Negara tersexy sejagat...Indonesia bisa terkenal ha ha ha ha...

      Hapus
  3. Ngebayangin kalau sampe jupe beneran jadi first lady *nutupmuka* :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. @indah : he...he...he....berdoa saja semoga tidak mak....

      Hapus
  4. hihihii... di jaman sekarang perempuan sah2 ajah sih menawarkan diri *Jupe yang ngelakuin..
    aku mah ga ambil pusing *yang penting bukan aku yang lakuin :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Mak Hani : Setuju mak...yang penting bukan kita-kita...

      Hapus
  5. Kalaupun ada wanita yang mengajukan diri (meminang laki2) tentunya ada caranya yang baik. Ini pun telah dicontohkan oleh bunda Khadijah :). Sungguh Islam adalah rahmat bagi seluruh alam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mak...ada cara yang indah sesuai yang dicontohkan Bunda khatijah...terima kasih kunjungaannya...

      Hapus
  6. Setuju aja mak, tapi penampilannya jangan sexy-sexy lagi kaya sekarang :) Harus elegan, sopan dan menjunjung tinggi budaya Indonesia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mak, kalau jadi ibu negara pakaiannya begini....bakal timbul preseden yang kurang baik...kan akan dilihat dari pakaian, tingkah laku, dll. Rakyat dan negara lain yang menilainya...

      Hapus
  7. wah asik....ibu negara akan sexyyyyyy...mantafffff

    BalasHapus
  8. wow...sukanya yang sexy-sexy ya....

    BalasHapus
  9. Jupe-jupe... udah kasihan dikhianati Gaston, tambah laki tingkahnya merayu pak bowo. di tempat ku pak bowo itu pedagang akngringan. hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. He...he...he.....kayaknya lagi njago sama pak Jokowi mas adi ini :)

      Hapus
  10. ini mungkin hanya sekedar sensasi saja mbak... semoga tak terjadi apa-apa dengan pemberitaan tersebut...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, sepertinya juga sensasi saja oleh seorang jupe....makasih kunjungannya ya...

      Hapus
  11. iya benar,,sepertinya hanya sensasi saja nih mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mak dwi, lagian saya gak yakin prabowo akan mau...he he he...

      Hapus
  12. Saya setuju dengan tulisannya Mbak Yuni, menarik. Tapi saya juga ga setuju deh kl jupe jadi istri pak prabowo, mending Maia Estiyanti #looh

    BalasHapus
    Balasan
    1. He..he....sama dong. Saya juga gak setuju kalau Jupeee. Kalau Maia yang jadi Ibu Negara entar prabowo gelut sama Ahmad Dhani kik kik kik....Kalau rujuk dengan mbak titik malah saya setuju....:)

      Hapus

Posting Komentar

HIMBAUAN BERKOMENTAR :
1. Tersenyum Dulu | 2. Berkomentarlah sesuai dengan artikel diatas | 3. Gunakan Open ID / Name Url / Google+ | 4. Gunakan Bahasa Yang Jelas | 5. Jaga Kesopanan Ingat Pasal 27, Pasal 28, dan Pasal 29 UU ITE :) | 6. Jangan Nye-SPAM | 7. Maaf, link aktif otomatis terhapus| 8. Jangan Berpromosi | 9. Jangan minta transfer pulsa | 10. Begitulah.

Postingan Populer