Ulat Kecil Itu Membuat Suamiku Takut !


Apa Itu Phobia
Credit

Hampir dua puluh tahun menjalani cinta dengan suami tersayang, saya paham betul kebiasaan-kebiasaannya, yang disukai dan yang tidak. Apapun itu. Termasuk adalah phobianya terhadap binatang yang namanya ulat. Sore tadi ketika lagi bercenggkrama di teras rumah tiba-tiba suamiku menganggat kedua kakinya dan langsung naik ke atas kursi hanya karena melihat ulat kecil-kecil di lantai. 

Ulatnya kecil tak lebih besar dari batang korek api. Celakanya ulat tersebut merambat dari ujung pintu ke ujung pintu yang lain. Akhirnya untuk masuk ke dalam rumah, suamiku harus menggunakan meja sebagai pijakannya kemudian baru melompat ke dalam rumah. Aku tertawa geli melihatnya. Duh, kasihan sekali suami saya. 

Phobia yang dialami oleh suami saya, juga dialami oleh banyak orang akan tetapi berbeda-beda pada obyek sentralnya. Nah, karena keterbatasan pengetahuan saya terhadap phobia ini, akhirnya saya googling dan meresumnya, berharap bisa bermanfaat bagi diri saya juga bagi siapapun. 

Apa itu phobia
Phobia adalah gangguan anxietas fobik yakni rasa ketakutan yang berlebihan pada sesuatu hal atau fenomena tertentu. Perasaan takut seorang yang mengalami fobia sulit dimengerti karena objeknya kadang malah tidak masuk akal. 

Phobia yang dialami seseorang dapat menyebabkan fiksasi yakni suatu keadaan dimana mental seseorang menjadi terkunci, yang disebabkan oleh ketidakmampuan orang yang bersangkutan dalam mengendalikan perasaan takutnya. Dalam keadaan fiksasi, seseorang dapat menangis, menjerit histeris bahkan bisa melumpuhkan kesadarannya atau pingsan.   

Apa Penyebabnya
Phobia bukan sejeniss penyakit fisik atau tetapi behubungan dengan kondisi kejiwaan seseorang dalam menggunakan dan mengelola daya pikirnya. Phobia itu terjadi kalau seseorang lebih banyak menggunakan language of sense ketimbang language of logic

Jenis-Jenis phobia 
Bila dilihat dari obyeknya dibagi dalam dua kelompok sebagai berikut: 

a. Phobia Sosial (Anxietas Sosial)
Adalah gangguan kecemasan sosial berupa ketakutan menetap dan tidak rasional yang umumnya berkaitan dengan keberadaan orang lain dan lingkungan sekitar. Dari dua jenis phobia yang dikenal secara umum , Fobia ini dapat sangat merusak bahkan dalam beberapa kasus dianggap sebagai penyumbang angka bunuh diri tertinggi.   

Phobia sosial ini diawali dengan gejala umum seperti palpitasi jantung, keringat dingin, gemetaran, panas-dingin, pusing, gangguan perut, kerongkonganterasa tersekat, diare, otot menjadi tegang dan gelisah berlebihan. 

b. Phobia spesifik
Adalah ketakutan yang tidak rasional pada objek atau situasi tertentu. Phobia ini adalah jenis yang paling sering didapati dan dialami oleh manusia. Phobia spesifik ini tidak membutuhkan pertolongan medik. Beberapa contoh phobia kelompok ini adalah merasa jijik sekali terhadap binatang ulat seperti apa yang dialami suami saya, takut memegang kapur tulis, takut memegang kancing baju, dan lain-lain. 

Cara Mengatasi Phobia
ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi phobia.
  1. Hipnoterapi, adalah suatu metode terapi yang berhubungan dengan pikiran dan metode hipnotis.pasien akan dibuat relax dan disugestikan yang baik-baik terhadap benda yang ditakuti tersebut. Cara ini (mungkin) seperti yang dilakukan oleh Uya Kuya;  
  2. Cognitive Behavioural Therapy/CBT terapi tesebut dilakukan dengan cara mengubah mind set pasien atau menggali pikiran, perasaan dan perilaku seseorang untuk mengembangkan cara-cara praktis yang efektif melawan phobia.
Saya sendiri belum membuktikannya, apakah kedua cara ini cukup efektif dan bisa "menyembuhkan secara permanent" atau tidak.

Beda Phobia, Paranoid Dan Trauma ?

Karena keterbatasan pengetahuan saya, maka agak sedikit sulit membedakan ketiga istilah di atas selain hanya saya paparkan pengertiannya.
  • Paranoia adalah proses pikiran yang terganggu yang cirinya adalah berupa kecemasan atau ketakutan yang berlebihan, sering sampai tidak rasional dan timbul delusi. Pemikiran paranoid biasanya disertai anggapan akan dianiaya oleh sesuatu yang mengancamnya.
  • Trauma adalah pengalaman tiba-tiba dan mengejutkan yang meninggalkan kesan yang mendalam pada jiwa seseorang sehingga dapat merusak fisik maupun psikologis. Pengalaman tersebut dapat membentuk sikap dan pribadi seseorang.  
Saya persilahkan kalau ada yang ingin mengoreksi atau menambahkan pengetahuan tentang phobia ini, semoga bermanfaat bagi siapa saja.  



Sumber Bacaan :
http://id.wikipedia.org/wiki/Fobia | http://indonesiaindonesia.com/f/112206-penyebab-phobia/ | http://id.wikipedia.org/wiki/Delusi | http://catatanmingguanku.blogspot.com/2012/02/pengertian-macam-dan-cara-mengatasi.html |http://psikologiabnormal.wikispaces.com/Fobia+Social

Komentar

  1. saya juga phobia, tapi bukan oleh ulat kecil tapi oleh ular, jangankan berpapasan, liat ular di tv ajah juga udah ngerih, pernah melakukan terapi hipnotis dan CBT, hasilnya...tetep phobia deh ih

    BalasHapus
    Balasan
    1. oooh ya ? berarti 2 cara terapi diatas gak ngefek ya....wah terima kasih infonya deh mas...

      Hapus
  2. Saya sih gak phobia mbk, hanya saja saya memiliki sifat dan kebiasaan rasa cemas dan khawatir berlebihan, terkadang. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak orang bilang, rasa cemas yang berlebihan bisa diminimalisir dengan banyak makan loh...terutama yang berlemak, banyak protein dan yoghurt...
      eh, terima kasih kunjugannya....

      Hapus
  3. Saya masih phobia terhadap anjing, padahal sebelumnya hanya takut biasa. Hal ini karena pernah trauma saat hampir digigit dari belakang sepulang berlari. Jadi, sekarang setiap melihat ada anjing selalu melihat ke arah belakang untuk memastikan sudah aman ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. he..he..he...kalau sama anjing tah...kayaknya hampir semua orang mas,
      saya juga kok....kayaknya bukan phobi deh itu....semacam takut saja atau trauma kecil....he he he...

      Hapus
  4. Assalaamu'alaikum wr.wb Yuni....

    Saya juga pobia sama ulat, semua jenis ulat lho. Kalau melihat ulat,terus melompat2 melarikan diri. Jika ulat itu dari dalam buah atau sayur dan saya sedang memotong kulitnya, terus sahaja dibuang ke bakul sampah pada hal separuh lagi masih elok. jadi geli saat melihatnya dan tidak ada selera untuk makan.

    Salam manis dari Sarikei, Sarawak
    SITI FATIMAH AHMAD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh
      Aduh, kok seperti suami saya mbak Fatimah, phobinya sama ulat.
      Tapi namanya juga phobi, kadang memang tidak masuk diakal sama sekali.

      terima kasih kunjungannya
      Salam juga dari Sleman Yogyakarta Indonesia

      YUNI ANDRIYANI - SEKELUARGA

      Hapus
  5. Alhamdulillah mbak, yang penting bukan Duitphobia....hehehehehe

    mengko ra gelem golek dhuwit menawi DUITPHOBIA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ha...ha...ha....kalau phobi sama duit yang kasihan saya dong...jangan sampai deh ya.....:)
      terima kasih kunjungannya....

      Hapus
  6. hewan kecil melata emang paling jijik deh liatnya.. tapi gak sampe histeris juga sih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hi..hi...hi....kalau gitu cuman jijik mbak, gak sampai yang nama phobi...beda loh...:) terima kasih kunjungannya....i will visit u back...

      Hapus
  7. Memang phobia itu kadang aneh...saya punya tetangga laki2 yang galaknya minta ampun..tapi giliran liat kecoa dialangsung ngiprit...hemm yang penting suami mbak nggak phobia sama mbak...hehehe

    BalasHapus
  8. Yeeee...kalau suami phobia gak ngalir uang belanjanya mas....:)

    BalasHapus
  9. Kalau ulat kecil seperti ulat bulu banyak juga loh mba yang takut dengan hewan itu, berarti itu termasuk phobia juga ya ?

    Salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Takut beda dengan phobia kayaknya mas....kalau phobia itu seperti dikeluar kendali kok...

      Hapus
  10. Saya alhamdulillaah gak punya phobia apapun mak, kebayang ya betapa repotnya kalau punya phobia..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alkhamdulillah itu mak. Kalau punya phobia itu sangat merepotkan baik diri sendiri maupun orang lain mak.

      Hapus
  11. Kalau saya phobia terhadap laba-laba, terkadang sering takut sama binatang kecil itu. ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau laba-laba memang ada yang beracun mas..jadi walaupun enggak phobi ya kudu hati-hati...

      Hapus
  12. Saya juga orang yang takut sama ulet bulu itu gak bahaya sih, cuma gak keren aja cowok takutnya ulet bulu hahahaha....tapi emang itu gak bakal bisa ilang, saya udah nyoba buat rubah mind set tetep aja jijik alias geli kalo ngeliat ulet bulu bentuknya itu loh aneh menurut saya... Terus cara bergeraknya itu loh ngeselin uget uget gitu hiiiiiii.... mls deh kalo ngeliat tuh binatang......

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ha..ha..ha... ya begitulah. Mungkin phobinya karena jijik, gilo, dsbt ya...

      Hapus
  13. Kayak guwa banget, fobia ulat.. wah.. bingung pengin banget gak takut tapi tetep aja takut

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itulah phobia mas...kadang memang gak masuk akal... :)

      Hapus
  14. harus buru bru diobati karena
    nantinya parah

    BalasHapus
  15. terapi phobia yg bisa dilakukansendiri gimana caranya ya...?? SaYa Phobia sama ulat sampai sesak nafas gitu Dan itu ganggu banget.. Apalagi kalo ketemu pas lagi asik motong sayur, berasa gg da tnaga buat nglanjutin..

    Kalau ada y. Tau caranya tolong d.share ya.. Thanks..=)

    BalasHapus
  16. terapi phobia yg bisa dilakukansendiri gimana caranya ya...?? SaYa Phobia sama ulat sampai sesak nafas gitu Dan itu ganggu banget.. Apalagi kalo ketemu pas lagi asik motong sayur, berasa gg da tnaga buat nglanjutin..

    Kalau ada y. Tau caranya tolong d.share ya.. Thanks..=)

    BalasHapus
  17. Sama donk,,saya juga phobia ulat..
    Pernah smpe pingsan dilemparin ulat sama anak kecil.
    Liat ulat aja,kyk liat hantu...lari trbirit birit...

    BalasHapus
  18. Sama donk,,saya juga phobia ulat..
    Pernah smpe pingsan dilemparin ulat sama anak kecil.
    Liat ulat aja,kyk liat hantu...lari trbirit birit...

    BalasHapus
  19. Sy jg phobia sm ulat bulu. Pdhl wkt kecil nggak lho. Malah suka ditaro di tangan. Takut gara2 pernah kejatuhan ulat bulu pohon alpukat. Mungkin krn kejadiannya tiba2 dan bikin kaget, malah bikin trauma dan phobia ampe skrg. Jangankan liat langsung, liat gambarnya aja udh bikin sy merinding dan sesak napas.

    BalasHapus
  20. Sy jg phobia sm ulat bulu. Pdhl wkt kecil nggak lho. Malah suka ditaro di tangan. Takut gara2 pernah kejatuhan ulat bulu pohon alpukat. Mungkin krn kejadiannya tiba2 dan bikin kaget, malah bikin trauma dan phobia ampe skrg. Jangankan liat langsung, liat gambarnya aja udh bikin sy merinding dan sesak napas.

    BalasHapus
  21. aku pernah nangis nangis di jejelin mama ulet sayur , emg sih bercanda tp bener bener takut bgt sama ulet, soalnya pernah jg lg mandi ada lipan gitu nempel di kaki, ga sempet pake apa apa langsung lari ke ruang tengah untung masi bocah haha
    mending liat setan dah dr pada ulet -____-

    BalasHapus
  22. Pacarku malah bner" phobia mbak. Baru liat ulet bulu sawi yg kecil bget aja udh lari jauh".
    Jadi dia pernah cerita waktu dia tdur sambil utek" hp ada ulet bulu ditangannya, ga bisa dibayanin, tangan yg bekas ngelempar ulet langsung di tampar"in ketembok sambil histeris lompat" terus dicuci bbrapa kali, bahkan nangis ampe sesenggukan. Bahkan meski udh agk lama dia nonton tvpun smbil ngedumel n masih sesenggukan. Aku denger ceritanya ga bisa nahan tawa, dianya malah nangis pas cerita ditambah expresi geli. Malah aku dimarahin sambil digebukin.
    Huhhftghh kasian bget klo kek gtu, tpi gmana yaa biar ga over kek gtu ? Kdang agak susah masuk diakal. Jadi klo jalan kemanapun ada phon, pasti tanyanya ada ulet ga, meski phonnya masih agak jauh. Bahkan dilapangan pun klo olahraga masih sibuk sendiri, katanya takut ada ulet dirumput.sekian mb terima kasih.

    BalasHapus
  23. Pacarku malah bner" phobia mbak. Baru liat ulet bulu sawi yg kecil bget aja udh lari jauh".
    Jadi dia pernah cerita waktu dia tdur sambil utek" hp ada ulet bulu ditangannya, ga bisa dibayanin, tangan yg bekas ngelempar ulet langsung di tampar"in ketembok sambil histeris lompat" terus dicuci bbrapa kali, bahkan nangis ampe sesenggukan. Bahkan meski udh agk lama dia nonton tvpun smbil ngedumel n masih sesenggukan. Aku denger ceritanya ga bisa nahan tawa, dianya malah nangis pas cerita ditambah expresi geli. Malah aku dimarahin sambil digebukin.
    Huhhftghh kasian bget klo kek gtu, tpi gmana yaa biar ga over kek gtu ? Kdang agak susah masuk diakal. Jadi klo jalan kemanapun ada phon, pasti tanyanya ada ulet ga, meski phonnya masih agak jauh. Bahkan dilapangan pun klo olahraga masih sibuk sendiri, katanya takut ada ulet dirumput.sekian mb terima kasih.

    BalasHapus
  24. kalau di saya obat nya hanya di gosok gosok ke rambut

    BalasHapus

Posting Komentar

HIMBAUAN BERKOMENTAR :
1. Tersenyum Dulu | 2. Berkomentarlah sesuai dengan artikel diatas | 3. Gunakan Open ID / Name Url / Google+ | 4. Gunakan Bahasa Yang Jelas | 5. Jaga Kesopanan Ingat Pasal 27, Pasal 28, dan Pasal 29 UU ITE :) | 6. Jangan Nye-SPAM | 7. Maaf, link aktif otomatis terhapus| 8. Jangan Berpromosi | 9. Jangan minta transfer pulsa | 10. Begitulah.

Postingan Populer