Ini Dia Teman Hidup Setia Kata Om Jin

Anda hanya butuh waktu membaca artikel ini.
Om Jin Iklan Djarum 76
"Kuberi Satu Permintaan !" Kata Om Jin
"Aku pengin teman hidup yang baik, pengertian, sabar, penurut, dan yang penting setia" Kata seorang perempuan. 

Dengan kesaktiannya, Om Jin pun memenuhi permintaan itu. Tiba-tiba munculah seekor anjing dipangkuan si perempuan. Om Jin pun tertawa terbahak-bahak. 

Djarum Sukses Menciptakan Brand Awarness 
Itu adalah materi iklan terbaru rokok Djarum 76. Saya yakin anda (minimal) tersenyum melihat iklan ini di TV. Saya pun demikian. Walaupun saya bukan pemakai produk Djarum, tetapi saya menyukai strategi Brand Awarness yang divisualisasikan dalam iklan-iklannya. Saya selalu ngakak ketika melihat iklan produk ini terutama sejak versi On Jin hadir. Kreatif dan menggelitik, pikir saya. 

Memang, sejak iklan rokok dibatasi dan dilarang memperlihatkan wujud rokoknya, para biro iklan harus berpikir lebih kreatif dalam membuat iklan untuk produk ini. Saya yakin tidak mudah menemukan tema iklan yang selaras dengan kebijakan pemerintah tetapi tetap efektif membidik segmentasi pasar, dan Djarum berhasil mensiasatinya.

Pilihan icon Om Jin sangat tepat. Apalagi Djarum berani mengangkat tema-tema sosial yang kemudian dapat kita pahami sebagai bentuk kritik sosial. Kritik-kritik itulah justru memberikan awareness kepada para konsumen. Akhirnya, tanpa harus melihat bentuk fisik rokoknya, begitu orang melihat iklannya, pastilah ingat Djarum 76. Beberapa ungkapan yang diucapkan Om Jin pun menjadi tren seperti "Wani Piro, Tapi jujur,khan?" dan lain sebagainya.



Iklan rokok Djarum 76 memang unik. Selalu memiliki faktor metafora dalam menyampaikan kritik sosial, menurut bahasanya sendiri. Pesan dalam iklannya cukup mudah untuk ditafsirkan karena berisi sindiran atas fenomena tertentu. Coba lihat versi Wakil Rakyat, Kontes Jin dan Lowongan Kerja (Wani Piro). Untung saja saat ini adalah era kebebasan berekpresi sehingga kritikan pedas tidak mengakibatkan pembredelan.


Apa Makna Iklan Versi Terbaru "Teman Hidup" ?
Saya pikir makna yang hendak disampaikan kepada masyarakat adalah "Nobody Perfect" alias tak ada satu pun yang sempurna di dunia ini (Kecuali Tuhan Semesta Alam). Begitu pula dengan pasangan hidup. Yang baik belum tentu sabar, yang sabar belum tentu penurut dan setia. Begitu pula sebaliknya. Idealis itu sebuah guyonan. Semua ada plus dan minusnya. 

Kalau idealis tetap dipelihara, maka hanya satu yang memenuhi ekspektasi itu ialah binatang bernama anjing, yang memang diciptakan penurut kepada tuanya. Djarum 76 melaui Om Jin-nya mengajak kita untuk realitis, jangan sok idealis. Begitu kurang lebihnya. Menurut Anda ?
  


Quote od The day

G+


22 comments

Namaku : sofia zhanzabila, Komentarku begini nih : 4:57 PM WIB

Haha...aku juga suka nih iklan seriesnya Om Jin. Lucu-lucu soalnya, dan emang bener selalu mengangkat masalah-masalah sosial.

Namaku : Yuni andriyani, Komentarku begini nih : 5:25 PM WIB

Iya mbak dan sangat menggelitik menurut saya... :)

Namaku : Agustinadian Susanti, Komentarku begini nih : 5:39 PM WIB

Jujur kan? Hehe

Namaku : Yuni andriyani, Komentarku begini nih : 5:43 PM WIB

Betulll ada nilai kejujuran dalam setiap iklan Djarum....itu bedanya... mbak... :)

Namaku : Citra Pradipta Hudoyo, Komentarku begini nih : 8:46 PM WIB

Haha, jin nya pinter dan ga salah kasih.
Si wanita cm bengong doank jadinya dan berpikir, "sial, permintaan gue kurang detail"
Di indonesia harus banyak iklan2 ky gt, biar ga kalah sama iklan2 di thailand yang penuh dengan makna

Namaku : Password Keyword, Komentarku begini nih : 9:10 PM WIB

ha ha ha ha lucu juga :D

Namaku : Danang Widodo, Komentarku begini nih : 11:49 PM WIB

saya suka rokoknya,,, he,,, :)

Namaku : Yuni andriyani, Komentarku begini nih : 7:04 AM WIB

Iya...kalau iklan versi thailang banyak yang bagus dan menyentuh...sayang kadang nyrempet pornografi jadi kalau diterapkan di Indonesia pasti menuai protes...

Namaku : Yuni andriyani, Komentarku begini nih : 7:04 AM WIB

iya lucu...

Namaku : Yuni andriyani, Komentarku begini nih : 7:05 AM WIB

he..he..he....adakalanya nanti akan tidak menyukainya..... :)

Namaku : Dwiex'z Someo, Komentarku begini nih : 8:02 AM WIB

iya mbak, cuma Allah sebenarnya kekasih kita yg mengerti apa yg kita butuhkan :)

Namaku : Yuni andriyani, Komentarku begini nih : 1:40 PM WIB

setuju mbak..

Namaku : Kang Jumanto, Komentarku begini nih : 5:49 PM WIB

Blognya menarik jeng tapi loadingnya lama sehingga menganggu pengunjung. Jeng Yuni suaminya bukan kang Atno kan?

Namaku : Yuni andriyani, Komentarku begini nih : 2:19 AM WIB

Iya templatenya gratis soalnya mas.... Kang Atno siapa ? Enggaklah...

Namaku : fadilah, Komentarku begini nih : 1:17 PM WIB

artikelnya bagus gan,
saya tunggu postingan selanjutnya

Namaku : Isal Acong, Komentarku begini nih : 7:29 AM WIB

Ada yang tau siapa yg jadi pemeran wanita nya?

Namaku : Alvin Lioe, Komentarku begini nih : 4:21 PM WIB

Itu pameran sebagai om jin namanya siapa?..

Namaku : Yuni andriyani, Komentarku begini nih : 4:45 PM WIB

Namanya Totos
Rasiti (40). “Nama saya Teguh Sugiarto,
dipanggil Toto Sugiarto atau Toto S.
Lalu disingkat menjadi Totos. Rasidi
gabungan nama orangtua, Sugeng
Rahardjo dan Siti Rochayati,”

tetimakasih banyak untuk berbagi informasinya,ini sangat menarik sekali untuk disimak dan membuat wawasan kami semakin bertambah

Namaku : jakar, Komentarku begini nih : 11:07 PM WIB

Aku juga mau tuh jadi bintng iklan nya

Namaku : Kitchen Set Bandung, Komentarku begini nih : 2:14 AM WIB

Cuman ada di Indonesia, Om satu ini memang kocak banget, kerennnnn dah #jempol

menambah wawasan sekali ,terimakasih,kami tunggu postingan postingan selanjutnya
obat penghilang selulit tradisional

HIMBAUAN BERKOMENTAR :
1. Tersenyum Dulu | 2. Berkomentarlah sesuai dengan artikel diatas | 3. Gunakan Open ID / Name Url / Google+ | 4. Gunakan Bahasa Yang Jelas | 5. Jaga Kesopanan Ingat Pasal 27, Pasal 28, dan Pasal 29 UU ITE :) | 6. Jangan Nye-SPAM | 7. Maaf, link aktif otomatis terhapus| 8. Jangan Berpromosi | 9. Jangan minta transfer pulsa | 10. Begitulah.

RECENT


        Jogjakarta         Sleman         Emak-Emak Blogger         Emak-Emak Blogger         Blogcatalog         Bblog         Blogger Perempuan         Blogger Reporter Indonesia         Blogger Hijaber Indonesia
Modified by Yuni Andriyani 2014. Diberdayakan oleh Blogger.