Cafe Dengan Makanan Yang Ditangguhkan




Cafe Dengan Makanan Yang di Tangguhkan - Dulu ketika masih di Kudus, kami sering megunjungi cafe yang asik untuk kongkow. Ball Cafe namanya. Letaknya dikanan jalan bila dari garasi bus Nusantara (depan Matahari) ke arah Musium Kretek, Jati. 

Tempatnya tidak terlalu besar, tetapi ramai dikunjungi oleh orang-orang.  Rush Hour-nya menjelang makan siang hingga malam hari. Ramainya bukan main. Biasanya ABG-ABG yang pada nongkrong di cafe itu. Saya kira mereka tertarik dengan menu makanannya yang sederhana, enak dan murah. Padahal menu yang disajikan hanya nasi goreng, kentang goreng, steak dan warna-warni minuman ringan.

Cafe ini bersih. No Alcohol karena yang punya seorang haji. Satu hal lagi yang menarik hati saya adalah bisa berkaraoke sembari menunggu pesanan atau sehabis makan tanpa harus beranjak dari tempat duduk. Pengunjung hanya menambah seribu perak per lagu. Bila ramai masing-masing meja hanya kejatah 4-5 lagu setelah itu microphone pindah kemeja lain, begitu seterusnya. 

Pengalaman di Ball Cafe itu membekas dihati saya. Sumpah, saya terus bermimpi membuat usaha 'ratengan' seperti itu. Sayang sekali impian itu belum kesampaian karena alasan modal.  
      

 Pramesti1 Pramesti2

 Pramesti3
  

Pramesti - Menu Makanan Yang di Tangguhkan  
Bila hidayah itu saya dapatkan, maka tempat kongkow itu akan saya beri nama "Pramesti". Mungkin sedikit aneh ya. Pramesti adalah nama akhir Si Kecil Ayunda yang lengkapnya adalah Kayla Ayunda Narapramesti. 

Lebih dari sekedar Ball Kafe yang telah menjadi inspirasi, saya justru berkeinginan menjadikan kafe itu nantinya penuh berkah, tidak hanya bagi karyawan juga bagi pengunjung. Ini saya simbolkan dalam tageline Come and Share yang artinya datang dan berbagi. Caranya ?

Caranya adalah dengan makanan yang ditangguhkan. Hmmm, Ini akan aneh karena tidak biasa di republik ini. Yang saya maksudkan makanan yang ditangguhkan adalah pengunjung akan membayar menu makanan tertentu dengan harga 2 kali lebih mahal dari harga sebenarnya. Misal sepiring nasi goreng akan harganya Rp. 7.500 maka pengunjung akan membayar dengan harga Rp. 15.000. Lalu buat apa pelipatan pembayaran itu ?

Pelipatan pembayaran itu akan diwujudkan dalam bentuk makanan yang sama dan akan disediakan bagi fakir miskin, anak-anak terlantar, yatim piatu, musafir-musafir atau siapapun yang tergolong 'tidak mampu' dan membutuhkan makanan.

Setiap hari cafe akan menyediakan makanan atau minuman yang ditangguhkan dari pengunjung hari sebelumnya. Begitu seterusnya. Pembagiannya bagaimana ? Mereka bisa makan ditempat karena akan disediakan tempat khusus yang tidak akan mengganggu kenyamanan pengunjung kafe, atau dibungkus dan dibawa pulang. Cafe akan memberikan update informasi terkait jumlah dan jenis seyiap hari di halaman depan.

Bagaimana kalau dimanfaatkan oleh orang-orang yang "mengaku" tidak mampu ? Itu urusan Allah dengan orang tersebut. Apakah perlakuan ke setiap pengunjung sama? Tidak sama sekali karena Makanan yang di Tangguhkan ini bersifat fakultatif alias suka-suka. Bagi yang mau silahkan bagi yang tida juga no problem. Intinya, cafe hanya mengajak pengunjung bersifat dermawan bahwa ada hak orang lain dalam rejeki dan harta kita. Itu saja!

Semoga Allah memberi jalan untuk memulai Cafe dengan makanan yang ditangguhkan itu. Amien.




Komentar

  1. Kayanya tempatnya asyik ya buat ngobrol-ngobrol. Bisa jadi refrensi nih

    BalasHapus
  2. @Abdur rahman - He...he....ini baru mimpi mas...belm riil...kalau benar-benar jadi Insya Allah mengasikkan...:)

    BalasHapus
  3. Amiien,,,jadi bisa dikatakan kita sedekah ya mbak Yun,,,masih dibagikan ke fakir miskin,,,boleh juga tuh,,,

    BalasHapus
  4. Assalaamu'alaikum wr.wb, mbak Yuni....

    Alhamdulillah, impian yang hebat dan penuh barakah mbak. Saya senang ada orang seperti mbak yang bisa memikirkan makanan yang ditangguh buat mereka yang memerlukan dan tidak mampu untuk mendapat makanan. Kalau di Malaysia ini memang ada persatuan persendirian yang memberi makanan satu kali satu hari kepada mereka yang gelandangan tanpa rumah dan pekerjaan. Tapi bukan dalam bentuk cafe. Mereka akan berada di satu tempat khusus yang sudah dimaklumkan kepada golongan kurang mampu hidup ini untuk mengambil makanan secara percuma.

    Semoga Allah memperkenankan mimpi mbak dan memudahkan ke arah tersebut. 4 jempol untuk mimpi yang bakal ditakluki itu.
    Salam manis selalu dari Sarikei, Sarawak
    SITI FATIMAH AHMAD

    BalasHapus
  5. @Dwiex'z Someo - Intinya memang sedekah mbak...tetapi dilakukan dengan cara yang asik, saat-saat mereka relaks...:)

    BalasHapus
  6. @webctfatimah - He..he...ini baru ide dan mimpi mbak...terima kasih doannya...semoga diijabah Allah. Amien...

    BalasHapus
  7. Dengan setulus hati saya ikut mengaminkan doa dan harapan Mbak Yuni. Semoga segera terkabul ya, Mbak. Aamiin...

    BalasHapus
  8. semoga cita-citanya memiliki cafe disegerakan oleh-Nya....aaaamiiiin

    betewe, bentuk bangunan cafe nya bikin saya berpikir untuk merehab rumahku jadi kaya cafe itu ah...keren dan balkonnya bisa buat saya ng'blog tuh...:D

    BalasHapus
  9. @Abdur rahmanhiya ya...yu kita do'ain yu supaya mimpinya disegerakan terwujud

    BalasHapus
  10. @Akhmad Muhaimin Azzet - Alkhamdulillah,,,terima kasih sekali doanya mas...semoga Allah meridhoinya dan membalas doa itu kembali,,,,amien..

    BalasHapus
  11. @Cilembu thea - He..he...Iya mas...asik buat ngeblog....gak ada yang gaanggu ya...:)

    BalasHapus
  12. @Cilembu thea - Amien Ya Robbal Alamin....Terima kasih sekali doanya mas...semoga Allah membalas siapapun yang mendoakan dengan kebaikan yang berlipat. Amien.

    BalasHapus

Posting Komentar

HIMBAUAN BERKOMENTAR :
1. Tersenyum Dulu | 2. Berkomentarlah sesuai dengan artikel diatas | 3. Gunakan Open ID / Name Url / Google+ | 4. Gunakan Bahasa Yang Jelas | 5. Jaga Kesopanan Ingat Pasal 27, Pasal 28, dan Pasal 29 UU ITE :) | 6. Jangan Nye-SPAM | 7. Maaf, link aktif otomatis terhapus| 8. Jangan Berpromosi | 9. Jangan minta transfer pulsa | 10. Begitulah.

Postingan Populer