Dampak 20 Tahun Hadirnya Teknologi Informasi dan Komunikasi di Bidang Sosial, Pemerintahan Dan Ekonomi



Membangun Indonesia Melalui ICTHalo Gaes, 
Sekarang ini kita benar-benar hidup dalam dunia tanpa tapal batas. Orang bilang adalah borderless world, dimana tidak ada lagi batasan atau limitasi geografis antar bangsa.

Dunia yang luas ini nyaris hanya seperti sebuah kampung besar saja, ya kan gaes ? Tatanan kehidupan menjadi global.

Hampir semua instrumen kehidupan terkoneksi secara digital melalui teknologi komunikasi dan sistem informasi yang berjalan pada jaringan internet.

Revolusi teknologi informasi digital yang terjadi sejak Uni Soviet (sekarang Rusia) berhasil meluncurkan wahana luar angkasa bernama Sputnik (1957) hingga dunia mengenal istilah internet (1982) benar-benar telah mengubah wajah dunia dari semua segi.

Coba anda lihat infographic berikut ini gaes, inilah timeline bagaimana revolusi atau transformasi teknologi informasi terjadi.
Transformasi Teknologi Informasi

Dari timeline diatas, saya pikir anda sepakat dengan saya bahwa hasil karya revolusi teknologi informasi yang paling monumental adalah internet, iya kan gaes? Sejak tahun 1982 hingga sekarang nih gaes, penduduk dunia yang saat ini berjumlah tak kurang dari 7,324,782,225 jiwa hampir separohnya (49.2%) telah terkoneksi secara online dan digital melalui internet.
Internet User di Dunia

Tetapi kita perlu tahu, ketika dunia mengalami revolusi digital, sebenarnya dunia juga mengalami tranformasi teknologi di bidang komunikasi, gaes. Bahkan kalau mau ditelisik secara faktual teknologi komunikasi mengalami transformasi lebih dahulu dibandingan dengan teknologi informasi (1957), yakni sejak Samuel Morse mengirimkam pesan pertama melalui alat yang dikenal dengan Telegraph pada tahun 1837 .

Walaupun demikian, dalam perkembangannya antara teknologi informasi dan komunikasi menjadi satu paket kesatuan yang saling melengkapi (complementary). Munculah pemakaian istilah  ICT (Information and Communications Technology) atau TIK dalam bahasa kita yang merupakan singkatan dari Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Transformasi Teknologi Komunikasi

Communication Timelines


Perkembangan ICT di Indonesia

Revolusi teknologi informasi dan komunikasi juga menyasar ke negara kita juga, gaes. Jelasnya memang tidak mungkin dihindari karena negara kita hidup dalam pergaulan dunia yang telah mengglobal.

Teknologi telekomunikasi terutama seluler komersil mulai dikenal di Indonesia sejak tahun 1984. Pada saat itu teknologi yang dipakai masih menggunakan teknologi seluler analog yakni NMT (Nordic Mobile Telephone) dari Eropa kemudian disusul  AMPS (Advance Mobile Phone System). Belakangan, kedua teknologi itu selanjutnya kita sebagai teknologi 1G.

BACA YANG INI JUGA, DONG..
Lagu Romantis Ini Membuat Aku Meleleh
Sembilan tahun kemudian yakni tahun 1993, teknologi ini berkembang menjadi 2G yang di awali upaya pemerintah untuk membangun project pilot 3 BTS (Base Transciever Station) di Pulau Batam (1) dan Bintang (2). Tahun 1994, teknologi GSM mulai diaplikasikan di Indonesia. Handset sudah menggunakan kartu chip kecil sehingga ukuran handset pun menyusut ukurannya, tidak sebesar pada saat diperkenalkan pertama kami yang beratnya bisa mencapai 430 gm.


Pada tahun 1995, pemerintah memperluas layanan GSM ke wilayah-wilayah lain di Indonesia. Setahun kemudian dunia telekomunikasi Indonesia ketambahan satu operator GSM baru yakni PT. EXCELCOMINDO PRATAMA (Sekarang XL AXIATA).

Pada tahun 2003-2004 terjadi perkembangan dalam teknologi selular Indonesia, di mana teknologi 2G bertransformasi menjadi teknologi seluler 3G yang mulai dikomersilkan mulai tahun 2005-2009. Sejak saat itu hingga 2012, Indonesia mengalami ledakan pertumbuhan pengguna telepon seluler di mana walaupun di negara kita hanya 10 operator pengguna telepon seluler tembus di angka 175.18 juta orang.

Saat ini teknologi komunikasi perlahan-lahan meninggalkan teknologi 3G dan beralih ke teknologi nirkabel 4G LTE. Teknologi ini memberikan jaminan kualitas jaringan lebih baik dan lebih cepat dari sebelumnya.
Evolusi teknologi Celular di Indonesia
Perkembangan teknologi komunikasi di Indonesia juga diikuti pertumbuhan pengguna Internet di Indonesia, gaes. Internet di negara kita tumbuh sangat cepat bahkan bila dibanding dengan negara-negara lain di dunia. Salah satu faktor pendorongnya adalah karena negara kita adalah negara berkembang dengan populasi penduduk terbanyak ke-4 di dunia. 

Ketika internet dikenal di Indonesia awal tahun 1990-an, pengguna internet hanya 0,5% dari total penduduk Indonesia yang saat itu berjumlah 203 juta jiwa. Ini berarti cuman sejutaan orang yang sudah melek internet saat itu, gaes. Itupun berasal dari instansi pemerintah dan swasta besar, lembaga pendidikan dan orang-orang tertentu saja. 

Saat ini pengguna internet di Indonesia sudah mencapai angka yang fantastis gaes yakni 139 juta orang. Itu termasuk saya dan anda...he..he..he... Bahkan pengguna internet di Indonesia mendapatkan predikat terbanyak ke-6 dunia di bawah China (termasuk Hongkong), Amerika, India, Brasil dan Jepang dengan angka penetrasi 34.1 %. Hebat kan negara kita gaes....
Pertumbuhan Internet di Indonesiaa
Sayangnya nih gaes, pengguna internet di Indonesia belum merata, masih terkonsentrasi di pulau Jawa, bali dan Sumatera. Untuk wilayah-wilayah lain masih di bawah 10%. Mungkin karena infrastrukturnya yang masih dalam tahap pembangunan, kendala geografi, keterbatasan kemampuan pemerintah atau karena sebab-sebab lain seperti jumlah penduduk atau entahlah..

Sebaran Internet di Indonesia


Dampak 20 Tahun ICT di Indonesia


Sosial
Setelah 20 tahun, TIK telah memberikan dampak yang hebat bagi masyarakat, bangsa dan negara. Dampak positif yang paling mendasar adalah bahwa INDONESIA SEMAKIN DIGITAL (LIFE IS IN HAND), dimana komunikasi interpersonal dan pemenuhan kebutuhan hidup semakin mudah, cepat dan efesien. Kemudahan ini menyebabkan perubahan cara pandang dan gaya hidup masyarakat.

Siapapun orangnya, sekarang udah pake gadget yang terkoneksi dengan internet. Ibarat kata nih, jangankan orang-orang kantoran, pedangan asongan, tukang rongsok, penjual tahu-tempe, kerupuk bahkan pengangguran sekalipun di sakunya minimal ada smartphone yang bisa buat main socmed. Jangankan ke kantor, lagi makan, tidur, jalan-jalan bahkan ke WC pun orang bawa benda itu. Betul 'gak gaes.
Masyarakat Sudah Akrab dengan teknologi

Satu orang memiliki lebih dari satu handset. Jadi, jangan heran kalau dominasi pemakai internet paling banyak dari smartphone. E-marketeer.com merilis data bahwa pengguna telepon seluler telah mencapai angka 308,2 juta orang, lo gaes. Artinya, jumlah ini melebihi dari jumlah penduduk Indonesia yang hanya berjumlah 254,9 juta jiwa.

Selain kemudahan, teknologi informasi dan komunikasi juga tidak lepas dari dampak negatif bagi kehidupan sosial masyarakat, gaes. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.
Dampak ICT di Bidang Sosial


Pemerintahan
Teknologi informasi dan komunikasi jelas sekali telah banyak membantu meningkatkan kinerja pemerintahan dalam hal peningkatan efisiensi, kenyamanan, serta aksesibilitas yang lebih baik dalam memberikan pelayanan kepada publik/masyarakatnya. Kita mengenalnya dengan istilah e-goverment dengan modelnya aplikatifnya adalah G2C (Government-to-Citizen), G2B (Government-to-Business) serta G2G (Government-to-Government).

Jejak pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi bagi pemerintahan baik pusat maupun daerah adalah semakin banyaknya pemerintah daerah yang menggunakan domain .go.id atau desa.id. Dalam laman pandi.id, hingga Juni 2016 penggunaan go.id mencapai 3,665 user sedangkan desa.id sebanyak 2,782 user.

Beberapa pemerintah daerah telah menerapkan di daerah masing-masing seperti Pemprov DKI Jakarta, Pemprov DI Yogyakarta, Pemprov Jawa Timur, Pemprov Sulawesi Utara, Pemkot Yogyakarta,Pemkab Banyuasin, Pemkot Bogor, Pemkot Tarakan, Pemkab Kebumen, Pemkab. Kutai Timur, Pemkab. Kutai Kartanegara, Pemkab Bantul, Pemkab Malang dan lain sebagainya.

Manfaat Teknologi Bagi Pemerintah

Apa sih dampak teknologi informasi dan komunikasi di bidang pemerintahan, ini dia gaes....
Dampak ICT di bidang Pemerintahan



Ekonomi
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi juga mendorong terjadinya pertumbuhan ekonomi dan bisnis di negara kita, lho gaes. Kemudahan mengakses informasi dan komunikasi menjadi alasan tumbuhnya iklim usaha baik perorangan maupun lembaga untuk populasi perkotaan dan pedesaan tersebut. Dukungan teknologi informasi dan komunikasi, menjadikan proses-proses ekonomi lebih jauh efisien, cepat dan dapat menjangkau segmentasi yang lebih luas.

Sejak populernya internet di republik ini, model aktifitas jual beli melalui online yang dikenal sebagai e-commerce tumbuh sangat pesat. Sensus ekonomi 2016 yang dilakukan BPS menyebutkan bahwa dalam kurun waktu sepuluh tahun terakhir telah terjadi peningkatan 17% model jual beli online ini. Menurut data tersebut, jumlah e-commerce saat ini adalah 26, 2 juta. Dengan jumlah penduduk yang besar, maka negara tidak hanya potensial bagi pelaku bisnis e-commerce dalam negeri tetapi juga luar negeri.

Ekonomi perbankan juga begitu, gaes. Banyangin saja saat ini tidak ada ATM dan layanan perbankan lainnya, dijamin akan terjadi antrian yang panjang kayak antri BBM di SPBBU kalau mau terjadi kenaikan harga. Teknologi Informasi dan Komunikasi nyata-nyata telah memberikan kemudahan kepada kita dalam mendapatkan layanan perbankan.

Teknologi Informasi dan komunikasi telah mendorong dunia perbankan menciptakan diversifiksi layanan kepada nasabahnya. Produk layanan perbankan yang kita kenal adalah e-banking, phone banking, internet banking dan sms-banking. Layanan-layanan tersebut hanya bisa dinikmati oleh nasabah dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi.

Secara umum dampak positif teknologi informasi dan komunkasi dalam bidang ekonomi seperti infografis berikut gaes....
Dampak ICT bidang Ekonomi


Harapan dan Kesimpulan

1
Revolusi teknologi informasi berawal dari project ARPANET yang didorong kecemburuan amerika atas keberhasilan uni soviet meluncurkan Sputnik 1957
2
Internet adalah hasil dari revolusi teknologi informasi yang paling revolusioner yang telah menciptakan dunia tanpa batasan limitasi geografis antar bangsa 
3
Sejak dikenal luas pada tahun 1982 hingga sekarang, internet telah dipakai oleh 49,2% penduduk dunia saat ini yang berjumlah 7.3 milyar jiwa
4
Jauh sebelum revolusi teknologi informasi terjadi, teknologi komunikasi juga mengalami transformasi dari dipakaianya kode-kode morse sebagai alat komunikasi (1837) hingga berintegrasi dengan teknologi informasi yang kemudian dikenal dengan istilah ICT (Information & Communication Technology) 
5
Revolusi teknologi komunikasi di indonesia dimulai semenjak diperkenalkannya teknologi analog 1G oleh NMT (Nordic Mobile Telephone) dan AMPS 
6
Teknologi informasi internet baru di kenal luas di indonesia pada tahun 1990-an dengan pengguna hanya 0.5 % dari penduduk indonesia saat itu sejumlah 203 juta jiwa 
7
Saat ini pengguna internet di indonesia sebanyak 139 juta orang dan menjadi terbanyak ke-6 di dunia
8
Pengguna internet di indonesia masih terkonsentrasi di pulau jawa, bali dan sumatera 
9
Dampak 20 tahun teknologi informasi dan komunikasi di indonesia adalah bahwa indonesia semakin digital. hal ini dibuktikan bahwa pemakai handset di indonesia mencapai 308.2 juta dan melebihi jumlah penduduk itu sendiri. 
10
Teknologi informasi dan komunikasi bermanfaat dalam sendi-sendi kehidupan baik dari segi ekonomi, poliik-hankam, pendidikan, pemerintahan, sosial-budaya, kesehatan, pertanian dan lain sebagainya. 
11
Selain memberikan dampak postif bagi pembangunan nasional, teknologi informasi dan komunikasi juga memberikan dampak negatif  


Menyoal tentang harapan dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi ini, sebenarnya harapan saya sangat sederhana, gaes. Saya berharap sekali perkembangan teknologi informasi dan komunikasi ini benar-benar dimanfaatkan pemerintah untuk pembangunan nasional yang berorientasi pada kemakmuran rakyat indonesia. 

Apa yang harus dilakukan pemerintah adalah mendorong daerah-daerah menerapkan e-budgeting dalam penganggaran pembangunan. Menurut saya, e-budgeting ini sangat efektif menanggulangi kebocoran anggaran atas prilaku korupsi aparatur negara. 

Selama ini republik ini terseok-seok dalam pengentasan kemiskinan, menciptakan pemerataan kesejahteraan dan melakukan pembangunan yang berkelanjutan karena banyaknya kasus korupsi yang melibatkan pejabat negara, kepala daerah dan anggota perwakilan rakyat yang notabene adalah pengambil kebijakan dalam proses pembangunan [baca disini].  

Semoga tulisan ini mampu menginspirasi untuk Indonesia yang lebih baik. 


Komentar

  1. Selalu mantab like always mbak :D :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. aduh....mbaak ldha suka memuji melulu ah...

      Hapus
  2. Gambarnya sangarr, my inspirasi blog nih buat design.. Goodd jobb penulisannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. aih...jangan memuji ah mas,...makasih sudah mampir ya...

      Hapus
  3. Tulisannya keren kali mba. Mba boleh bagi ilmunya cara membuat grafik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ihh..saya juga masih belajar kok mas. Ngikutin tutorial-tutorial di youtube atau di web-web yang nichenya masalah design...

      Hapus
    2. Okay dah, tapi kan perlu software buat bikinnya kan ya?? Sorry ya banyak tanya

      Hapus
    3. iya, pakai sofware standart design aza semampu saya...

      Hapus
  4. wah kini semua makin ceeeeepeeeeet ya mbakk....

    BalasHapus
  5. Selamat yah mba juara lagi mantaaaap

    BalasHapus
  6. Wah selamat ya Mbak Yuni,juara utama ^_^

    BalasHapus
  7. Aduh mbaknya memang jago nulis...aku jadi minder nih. Selamat ya mbak jadi juara 1. Saya ikut meramaikan saja, masuk 20 champion...hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mas....selamat juga buat mas yang masuk the best 20....semoga barakah...

      Hapus
  8. wow tulisan yang SANGAT KEREN ini memang layak menjadi pemenang pertama lomba blok KITAINDONESIA selamat ya semoga terus berkarya luar biasa!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih.....atas apresiasinya.... salam untuk keluarga besar sewamobilsurabaya(dot)com...

      Hapus
  9. keren!

    selamat ya mbak sudah jadi juara 1. infografisnya luar biasa cetar membahana! hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih Daeng Ipul...selamat juga buat daeng. Sukses selalu. Salam buat keluarga..

      Hapus
  10. Selamat ya mbak atas kemenangannya :)

    BalasHapus
  11. Tulisannya berkarakter dan benar2 mengalir...

    Selamat Mbak Yuni ^_^

    BalasHapus
  12. war biasah ah, kalau emak2 blogger dah memainkan jari jemarinya di keyboard, dah lah yang lain minggir wkwkwkk , selamat mbak juara 1 keren

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mas, saya hanya beruntung saja kok...

      Hapus
  13. Keren Mbak tulisannya, kece euy, juara 1 lomba KitaIndonesia, selamaattt :)

    BalasHapus
  14. Kerennn postingnyaa.. pantes menang :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mbak....saya hanya kebetulan beruntung saja kok mbak....semua karen Allah..

      Hapus
  15. wah, infografisnya, sejarah tik, membahas per sektor, :)
    alhamdulillah, kok aku ikutan senang yaa walau kamu yang menang.

    salam dari Medan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah...mas...semua karena Allah...dan saya merasa beruntung saja makasih kunjungannya...

      Hapus
  16. Sangat bermanfaat MBak Yun

    BalasHapus
  17. Selamat ya mba, tulisannya keren dan keren banget :)

    BalasHapus
  18. Selamat mba Yuni, Inspiring Story :)

    BalasHapus
  19. Wah,, ini ya tulisan pemenangnya.. Emang keren sih..
    Visualisasinya oke banget. Thanks Mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih mas investor atas kunjugannya..

      Hapus
  20. Selamat mba Yuni keren banget ih :)

    BalasHapus
  21. Selamat ya Mba, jadi juara pertama, tulisannya bagus :)

    BalasHapus
  22. Hebat nih mbak yuni tulisannya.Dengan riset yang mendalam Tidak asal tulis.

    BalasHapus
  23. Selamat ya mbak atas terpilihnya artikel mbak :) keren!! Mau nanya, bikin ilustrasinya pake aplikasi apa ya mbak? Boleh dijelaskan? makasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mbak nida, Saya bikin ilustrasinya pakai aplikasi design standart saja mbak. Untuk 2D saya pakai Corel Draw, Ilustrator dan Photoshop. Kalau yang 3D saya pakai cinema 4D atau google skecthup. Mbak Nida bisa googling untuk tutorialnya. tapi akan lebih mudah bila mengikuti tutorial di youtube karena langsung bisa praktek...gitu mbak...makasih ya kunjungannya....

      Hapus
  24. Top markotoppp tenan mbak tulisan njenengan

    BalasHapus
    Balasan
    1. aduhh...makasih mbak dwi kunjungannya...

      Hapus
  25. wow, kerennnn nih jeng Yuni, salam kenal ya (atau udah kenalan ya), bagus nih jadi referensi. Infografisnya kece badai^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih kunjungannya mbak prita...saya sudah sering mampir ke blog mbak kok...

      Hapus
  26. bagus mba gambarnya kya mapping map gitu, Selamat ya ^_^

    BalasHapus
  27. Selamat deh juara blog XLAXIATA,, mampir,,,http://baturaja-dan-sekitarnya.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  28. pantes bisa juara 1 data data yang di berikan sangat real dan tulisannyapun sangat menarik. ngomong-ngomong buat infografis pakai aplikasi apa ya mbak ? hehe

    BalasHapus
  29. Pantes aja jadi juara. Orang artikelnya membahana begini.

    Salut. :D

    BalasHapus
  30. Sangat bermanfaat dan kreatif tulisannya kak. Dari atas hingga bawah,
    Meski masih free domain, kualitas itu tidak dlihat dr hal2 trsbut, kmampuan dan minat yang tinggi akan menciptkan sebuah karya tulis yang menakjubkan. Selamat!!

    BalasHapus

Posting Komentar

HIMBAUAN BERKOMENTAR :
1. Tersenyum Dulu | 2. Berkomentarlah sesuai dengan artikel diatas | 3. Gunakan Open ID / Name Url / Google+ | 4. Gunakan Bahasa Yang Jelas | 5. Jaga Kesopanan Ingat Pasal 27, Pasal 28, dan Pasal 29 UU ITE :) | 6. Jangan Nye-SPAM | 7. Maaf, link aktif otomatis terhapus| 8. Jangan Berpromosi | 9. Jangan minta transfer pulsa | 10. Begitulah.

Postingan Populer