Mobil Balap F1 Ini 'Made in' Imogiri Bantul

Mobil F1 SMK Muhamadiah Imogiri
Menghadapi MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) memang membutuhkan persiapan keahlian yang baik. Implikasi dari penerapan pakta ini adalah semakin ketatnya persaingan dalam memperebutkan dunia usaha dan dunia kerja. 

Serbuan ribuan tenaga kerja asing ke Indonesia dari China memberikan bukti bahwa kue ketenagakerjaan di Indonesia tidak lagi menjadi milik penduduk asli Indonesia tetapi sudah menjadi incaran bangsa lain. 

Ketrampilan dan sertifikasi disepakati menjadi syarat mutlak bila ingin tetap survive dalam persaingan kawasan yang sudah tidak mempunyai batas antar negara (Borderless World). 

Pemahaman ini menjadi semangat bagi SMK Muhamadiyah 1 Imogiri Bantul dalam membimbing siswa-siswinya. Pihak sekolah memberikan kebebasan yang luas bagi siswanya untuk berkreasi dan berinovasi. Buah dari kebijakan itu adalah berbagai prestasi regional maupun nasional yang diraih oleh siswa-siswinya.      

DIRECT POINTS
 MEA mensyaratkan Skill dan Sertifikasi ;
 Indonesia Incaran Tenaga Asing;
 Mobil F1, kreasi 4 Siswa Jurusan TKR;
 Mobil F1 bertenaga Hybrid;
 Mobil F1 dapat melaju 80 km/jam;
Setelah berhasil menjadi  Juara I Honda Student School Contest 2016, prestasi lain yang tak kalah hebat adalah keberhasilan merakit mobil balap formula 1 (F1). Mobil ini adalah hasil kreasi teknologi jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR). 

Adalah Adon Vendy Pradana, Edi Sofyan, Nasyid Muzaki, Ade Rivan Hidayatullah dan Rafif Yuhdi Arrizal yang telah telah berhasil mewujudkannya. Mereka adalah siswa kelas XI dan Kelas X. Mobil balap berwarna merah ini dikerjakan dalam rentang waktu Maret hingga April dengan bimbingan tiga orang guru pengampu yakni Harry Agus Susnto, SPd T, Agung Suyanto SPd dan Aan Zudiyanto SPd T. 

Mobil F1 buatan Imogiri Bantul ini mempunyai sumber tenaga Hybrid yakni bensin dan tenaga surya yang dihasilkan dari panel sel surya yang dipasang di atas bodi mobil. Hasil test drive, mobil yang rencananya akan diresmikan oleh Mendikbud Muhajir Effendy ini mampu melaju 80 km/jam. 

Sebuah prestasi gemilang yang perlu mendapat dukungan dari pemerintah, bukan?





Komentar

  1. anak SMK udah pada canggih canggih sekarang ya mbak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itulah mbak, beda dengan jaman dulu ya....sekarang banyak fasilitas yangbisa dimanfaatkan untuk maju dan berkembang...

      Hapus
    2. Yang penting kreativitas dikembangkan terus, fasilitas sudah banyak dan dipermudah.

      Hapus
  2. Anak SMK memang hebat ya. Salut deh dengan mereka. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mbak...tentu saja karena ada yang membimbingnya dengan baik....

      Hapus

Posting Komentar

HIMBAUAN BERKOMENTAR :
1. Tersenyum Dulu | 2. Berkomentarlah sesuai dengan artikel diatas | 3. Gunakan Open ID / Name Url / Google+ | 4. Gunakan Bahasa Yang Jelas | 5. Jaga Kesopanan Ingat Pasal 27, Pasal 28, dan Pasal 29 UU ITE :) | 6. Jangan Nye-SPAM | 7. Maaf, link aktif otomatis terhapus| 8. Jangan Berpromosi | 9. Jangan minta transfer pulsa | 10. Begitulah.

Postingan Populer