8 Mitos Menstruasi Yang Perlu di Ketahui


Banyak hal di samping kita ternyata sebenarnya hanya mitos. Hal ini tidak terlepas dari budaya orang-orang tua terdahulu yang suka mengasosiasikan fenomena dengan sebuah kejadian tertentu. 

Berbagai mitos malah masih diyakini oleh sebagian orang secara turun temurun hingga saat ini, walaupun ilmu pengetahuan telah mengeliminir sedikit demi sedikit. 

Percaya atau tidak, bahwa kehidupan wanita lebih banyak menjadi obyek mitos, dari bentuk tubuh hingga siklus bulanan atau menstruasi. Padahal menstruasi adalah merupakan proses alami yang harus diterima tubuh wanita sebagai indikasi kesuburan reproduksinya.  

Ini dia 8 mitos terkait dengan menstruasi yang masih dipercayai oleh sebagian besar wanita hingga saat ini. 

1. Dimakan Hiu Bila Berenang di Laut
Terdapat mitos bahwa berenang di laut dalam keadaan menstruasi akan mengundang ikan hiu mendekat. Ini disebabkan adanya kemungkinan darah haid yang merembes dan bercampur dengan air laut. Jangan percaya ini adalah mitos. Tidak ada satupun kasus yang pernah didokumentasikan bahwa hiu menyerang perenang yang sedang haid. Jadi, tetap menyelam dan bersenang-senang.

2. Tidak Boleh Keramas
Entah apa yang mendasari orang terdahulu melarang perempuan keramas saat masih menstruasi. Bisa dibayangkan kan seminggu tidak keramas. Seperti apa rasanya kepala. Untung saja ini adalah mitos. Tidak ada alasan sama sekali untuk tidak mandi dan keramas selama menstruasi.

Justu mandi, keramas dan aktifitas kebersihan yang lain sangat dianjurkan agar tubuh tetap bersih dan terhindar dari penyakit. Tidak akan terjadi apapun bila hal ini dilakukan karena tidak ada satu cerita dan catatan satupun yang membuktikan keramas ketika masa menstruasi menimbulkan hal-hal buruk. 

3. Lemas dan Istirahat Total 
Beberapa kelompok masyarakat menyakini wanita akan lemas dan harus istirahat total saat menstruasi. Maksudnya agar tidak terjatuh/pingsan mendadak karena lemas. Ini adalah mitos. Istirahat memang dibutuhkan tubuh kita. Walaupun demikian ketika menstruasi tidak harus istirahat total ditempat tidur. Tubuh harus tetap bergerak. 

Pakar kesehatan malah menganjurkan bahwa wanita yang sedang mengalami menstruasi untuk tetap beraktifitas dan banyak bergerak. Hal ini diyakini mampu menghindari kram perut yang mungkin timbul saat menstruasi. Beraktifitas juga berguna menjaga suasana hati agar tidak bete. 

4. ML Saat Menstruasi Tidak Menyebabkan Hamil
Ini adalah mistos. Hati-hati, wanita yang melakukan aktifitas seksualketika menstruasi MASIH bisa menyebabkan kehamilan. Sperma yang masuk mampu bertahan 3-5 hari. Ovulasi dapat terjadi pada fase pendarahan itu. Jika tidak ingin hamil, jangan berhubungan seks tanpa pengaman. 

Selain itu, apabila hamil ketika berhubungan badan saat menstruasi, bayi yang dihasilkan memungkinkan lahir dalam keadaan cacat. Itulah kenapa agama melarang aktifitas seksual saat menstruasi.   

5. Menstruasi Yang Tidak Teratur Berakibat Buruk Pada Kesehatan Reproduksi
Tidak, ini adalah Mitos. Alat reproduksi tidak akan terganggu hanya karena menstruasi yang tidak teratur. Pada dasarnya ada 3 hal  utama yang dapat mengacaukan siklus menstruasi. Umumnya disebabkan oleh stres, penyakit dan aktifitas berat. Walaupun demikian itu tidak akan mengakibatkan terganggunnya organ reproduksi. 

Ada baiknya berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penjelasan penyebab pasti menstruasi yang tidak terartur tersebut dan solusi yang tepat untuk mengatasinya. 

6. Siklus Menstruasi Pasti 28 Hari
Ini adalah mitos. Waktu 28 hari adalah perhitungan rata-rata saja. Setiap wanita mempunyai siklus yang berbeda-beda. Siklus itu hanya diketahui oleh diri sendiri berdasarkan gejala-gejala yang dapat dirasakan dan bukan berdasarkan perhitungan orang lain.

7. Siklus Menstruasi Dapat Ditunda dengan Obat-Obatan
Ini adalah Mistos. Jangan percaya dan buang-buang waktu untuk mengatur siklus menstruasi karena ini adalah suatu yang alami. Mengunakan alat atau obat-obatan justru akan menimbulkan permasalahan serius bagi kesehatan dan dapat berkibat fatal. 

8. Darah Menstruasi Berbeda Dengan Darah di Tubuh Pada Umumnya
Ini adalah mitos. Darah haid adalah darah seperti darah ditubuh kita. Mitos ini muncul karena darah menstruasi mengalir dari vagina. Oleh sebab itu dianggap berbeda dengan darah tubuh pada umumnya. Karena vagina adalah bagian dari tubuh, maka darah menstruasi yang keluar dari organ ini tidak ada perbedaan dengan darah yang ada di anggota tubuh lainya.

Itulah 8 mitos mengenai menstruasi yang perlu diketahui agar tidak terjadi salah pengertian. Semoga bermanfaat bagi kita semua. 




Komentar

  1. :)
    Ya mitos
    trtm yg no.2
    Bhkn ada yg bilang rambut rontok kudu disimpan dan dikeramasi bareng saat selesai
    sdgkn qt sbg wanita wajib jaga kbrshn

    ada jg mitos haid dilarang potong kuku
    pdhl darah bisa nyangkut di kuku

    ah
    entahlah
    soal kpercayaan ya masing2 ja

    salam knal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, terserah kepercayaan masing-masing saja. Kalau mempercayai juga asik-asik saja sebagai hasil budaya orang terdahulu...kalau enggak juga gak apa-apa karena tidak berakibat apapun pada diri seseorang... :)
      terima kasih kunjungannya...salam kenal juga...

      Hapus
  2. mbak...gambarnya ngeriii...berdarah2 gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. He...he...he..kayak jargonya S*tan Batu*ana ya mbak...ngeri-negri sedap... :)

      Hapus
  3. berarti KB sistem kalender ga ada gunanya, jika saat mens pun tetep bisa hamil

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh..bukanya gak berguna, KB sistem kalender juga efektif kok...ini permasalahannya karena sperma laki-laki ternyata kalau masuk bisa tahan 4-5 hari dan itu sesungguhnya yang mengakibatkan terjadinya pembuahan dan hamil.

      Walaupun demikian kejadian ini sangat jarang terjadi karena rata-rata suami-istri akan menahan melakukan hubungan badan saat masa haid....:)

      Hapus
    2. sebenarnya juga ga ML sih waktu haid, tapi aku kan jadi galau gitu mak yun, tau kalau waktu haid aja bisa hamil gimana dgn seminggu sebelum/setelah haid huhu :)

      Hapus
    3. kalau memang jadi, anggap saya sebagai anugerah mak.... saya enggak nyampai kesitu soalnya saya pakai pil... :)

      Hapus
  4. Assalaamu'alaikum wr.wb, mbak Yuni... Kalau di Malaysia, mitosnya pula ialah tidak boleh menanam apa jenis tanaman sama ada buah, bunga, sayur dan sebagainya. nanti semuanya tidak menjadi dan busuk. Ternyata tidak benar malah mengelirukan kerana saya bunga-bunga saya berkembang cantik, Ternyata mitos itu bisa menipu ya. jadi syirik kalau percaya. :)

    Salam manis dari Sarikei, Sarawak. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walaikumssalam Wr.Wb...
      Iya mbak...itulah mitos yang memang kadang membuat sesuatu jadi dipahami secara salah...

      With love from jogja..

      Hapus
  5. Meskipun saya ga mengalami menstruasi,setidaknya saya dapat sedikit pengetahuan mengenai mitos ini,tentunya artikel semacam ini berguna sekali bagi kaum hawa ya mba Hehehe

    BalasHapus
  6. bener banget, 8 mitos yg umum dimasyarakt dan dianggap bener

    saya sendiri nggak pernah ngalamin menstruasi :)

    BalasHapus
  7. terimakasih sekali gan telah berbagi informasi yang sangat menarik dan sangat bermanfaat bagi banyak orang, di tunggu infomasi slanjutnya
    sukses terus

    BalasHapus
  8. Menarik sekali gan infonya,,,menambah wawasan dan pengetahuan,,,terimakasih banyak

    BalasHapus
  9. artikelnya sangat bermanfaat mba :)
    jadi tahu nih mitos menstruasi

    BalasHapus
  10. info bermanfaat gan,,makasih ya

    BalasHapus
  11. Jadi tau nih mitos mitos menstruasi... makasiii infonyaa^^

    BalasHapus
  12. sangat bagus sekali gan info nya

    saya sangat suka

    BalasHapus

Posting Komentar

HIMBAUAN BERKOMENTAR :
1. Tersenyum Dulu | 2. Berkomentarlah sesuai dengan artikel diatas | 3. Gunakan Open ID / Name Url / Google+ | 4. Gunakan Bahasa Yang Jelas | 5. Jaga Kesopanan Ingat Pasal 27, Pasal 28, dan Pasal 29 UU ITE :) | 6. Jangan Nye-SPAM | 7. Maaf, link aktif otomatis terhapus| 8. Jangan Berpromosi | 9. Jangan minta transfer pulsa | 10. Begitulah.

Postingan Populer