Doa Yang Mengancam

Cerita Jeng Yuni



Sebagai pengguna aplikasi chating BBM, Whatapps, Line, dan sebagainya, tentu saja tidak terlepas dari "kutukan abadi" yang bernama BROADCAST. Bisa jadi, dalam satu hari kita bisa mendapatkan pesan berantai itu hingga berkali-kali. 

Uniknya pesan berantai itu tak kenal waktu. Datangnya tanpa permisi pagi, siang, sore bahkan tengah malam.Tetapi perlu disadari bahwa begitulah resiko hidup berkomunitas. Artinya jangan pakai apikasi chating kalau tidak mau mendapatkan Broadcast. 

Sayangnya, tidak semua isi brodcast bermanfaat. Bahkan isinya kadang hanya berbunyi "Just TC, abaikan.!". - Piye perasaanmu kalau begini ?. Ada juga isi broadcast yang seolah isinya benar tetapi justru membahayakan keimanan seseorang. Contohnya seperti dibawah ini, yang saya terima tadi pagi. 

"Doa yg indah hanya pada wanita2 yg tersayang di bulan maulid ini. Ya Allah.., wanita yg membaca ini adalah wanita yg sholeha, yg cantik, kuat dan sabar.. Sayangilah dia, tolong bantu tingkatkan kehidupannya, mudahkan rezekinya, sehatkan badannya.. Jika dia sedang melangkah mudahkan langkahnya dan selamatkan dia.. Aamiin YRA.. ( kirimkan ke 9 wanita yg kamu sayangi, insya Allah dalam waktu 9 menit hidupmu akan bahagia, karena 9 wanita itu juga mendoakanmu kalau tidak anda akan celaka )"

Dimana letak bahayanya? 
Sayangnya, tidak semua isi brodcast bermanfaat. Bahkan isinya kadang hanya berbunyi "Just TC, abaikan.!". -

Adalah pada susunan kalimat dalam kurung itu. Menurut saya, broadcast ini salah dan menyesatkan karena doa yang baik bercampur dengan ancaman. Islam tidak mengajarkan doa yang mengancam seperti itu.  

Bagi si penerima yang tidak memahaminya dengan baik, pasti ikut-ikutan membroadcast juga. Akhirnya, motivasi broadcast yang seharusnya mendapatkan hikmah sebuah doa karena diaminkan oleh penerima, berubah menjadi rasa takut kena musibah bila tidak menyebarkan kembali. Inilah yang membahayakan dan menyesatkan. Tidak ada ceritanya musibah menimpa kita karena hal beginian. 

Sebaiknya kita berhati-hati dan mensikapi secara bijak broadcast yang masuk di gadget kita. Jangan keburu membroadcast ulang sebelum menelaah lebih dulu isinya, terutama yang berisi esensi sebuah keyakinan. Bisa-bisa kita terjerumus kearah syirik kecil karena mempercayai sesuatu yang tidak dianjurkan agama.  

Menurut Anda ?   




Komentar

  1. Saya gak pakai BBM atau WA Mbak. Saya pakai HP jadul. Jadinya gak terima yang begitu-begituan. Kalau di facebook banyak sih yang beginian. Diabaikan saja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya mas hal begituan diabaikan saja soalnya gak asik....

      Hapus
  2. Assalaamu'alaikum wr.wb, mbak Yuni... benar sekali amat bahaya doa yang mengancam begini. Masak kalau tidak dikirim kita bisa jadi celaka dan ditimpa musibah. Sedangkan Allah dan Rasulullah menyuruh kita berdoa yang baik-baik kepada saudara kita hatta musuh juga. Abaikan sahaja dan jangan dilayan terus. terima kasih mengintainya mbak. Saya belum pernah mendapat hal seperti ini. Salam manis dari Sarikei, Sarawak. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walaikumssalam Wr.Wb... Mbak Fatimah, kalau disini broadcast seperti itu seringkali saya terima....Saya sih memang mengabaikan karena saya yakin Islam tidak mengajarkan doa seperti itu.
      Terima kasih.

      Hapus
  3. Iya banget mbak...saya sering tuh dapat broadcast spt itu. Diabaikan ajah sih...abisnya kok malah ngeri gitu, pake ngancam2 :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak saya gak pernah respon kalau ada brodcast doa yang mengancam seperti itu...

      Hapus
  4. Dari dulu sering terima seperti itu. Saya memilih mengabaikan :)

    BalasHapus
  5. ada juga dampak negatifnya ya mbak, hmm kudu harus hati-hati ni :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas. semua tergantung pemanfaatannya....memang kudus hati-hati mensikapinya...

      Hapus
  6. hahaha aku pernah dapat sms begituan...tak biarin aja Alhamdulillah nggak ada apa2 mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. tentu mbak kalau kita mengabaikan Insya Allah gak bakal terjadi apa-apa...karena musibah tidak ditentukan pada hal begituan...

      Hapus
  7. iya mba saya juga sering dapet BC yang bentuknya do'a yang mengancam,.
    contohnya kalo pesan ini tidak kamu kirim semua kontak maka nanti malam tidurmu akan diganggu

    BalasHapus

Posting Komentar

HIMBAUAN BERKOMENTAR :
1. Tersenyum Dulu | 2. Berkomentarlah sesuai dengan artikel diatas | 3. Gunakan Open ID / Name Url / Google+ | 4. Gunakan Bahasa Yang Jelas | 5. Jaga Kesopanan Ingat Pasal 27, Pasal 28, dan Pasal 29 UU ITE :) | 6. Jangan Nye-SPAM | 7. Maaf, link aktif otomatis terhapus| 8. Jangan Berpromosi | 9. Jangan minta transfer pulsa | 10. Begitulah.

Postingan Populer