BPJS Online = Tragis !



Semoga hanya saya yang mengalami bahwa betapa menjengkelkan mendaftar BPJS melalui fasilitas online yang beralamatkan di http://bpjs-kesehatan.go.id/. Entah apa istilah yang tepat untuk menggambarkan aplikasi online yang diperkenalkan kepada khalayak sejak 1 Januari 2014 lalu ini. Mungkin Overload, masih banyak Bug, pakai hosting murahan karena minimnya budget atau menggunakan IT KW3, entahlah !

Aplikasi online BPJS ternyata tidak mampu mengakomodasi kebutuhan masyarakat yang ingin mendaftar secara online. Sangat ironis bagi satu-satunya lembaga yang ditunjuk oleh pemerintah dalam mengelola dana sosial dan kesehatan seluruh Rakyat Indonesia yang 252.124.458 Jiwa dengan jumlah pengakses internet mencapai 107 Jiwa, menurut MGDS. Bila dibandingan dengan dana yang (akan) terhimpun adalah trilyunan rupiah, maka tidak sebanding dengan layanan yang disuguhkan kepada masyarakat, dan ini terbukti pada faslitas onlinenya.

....dan pengalaman saya adalah, selalu saja muncul pesan Error, Not unique in ID space [Page kepesertaan]: winppk. saat mengisi formulir isian Fasilitas Kesehatan Tingkat I. Notifikasi ini memaksa saya mengulangnya berkali-kali. Walaupun demikian tetap saja tidak berhasil alias selalu gagal untuk melanjutkan ke menu selanjutnya. Terbuanglah waktu hampir 2 jam tanpa hasil. 

Pantas saja beberapa hari lalu ketika mau mendaftar melalui BRI ditolak oleh petugas dengan alasan koneksi internet. Rupanya, walaupun menggunakan koneksi internet stabil juga tidak menjamin sama sekali keberhasilan mendaftar secara online.

BPJS Online


Saya hanya bisa menepuk jidat dan bilang Astaghfirullah dan mencoba bersabar. Apabila WNA yang mendaftar, bisa jadi akan mengumpat sejadi-jadinya FU*K BPJS atau Go To H*ll BPJS karena saking jengkelnya. Sekali lagi, ini dia salah satu gambaran realita layanan publik online di Indonesia yang sangat perlu mendapat perhatian ditengah fenomena Life in Hand

Insya Allah, malam ini aku berdoa, semoga Tuhan Semesta Alam menuntun mereka-mereka yang bertanggung jawab atas pengelolaan program BPJS agar terbuka hatinya dan lebih maksimal dalam memberikan pelayanan dan kemudahan bagi masyarakat.

Dan Satu lagi, sebagai BUMN, bukankah kesejahteraan pegawainya sudah dijamin oleh pemerintah dibandingkan dengan rakyat jelata seperti saya dan kebanyakan orang Indonesia lainnya, dimana harus kerja keras siang dan malam untuk tetap bisa survive.  



Komentar

  1. di sebuah forum carut marut pendaftaran online ini seringkali dikeluhkan banyak orang, tapi alhamdulillah saya dan teman saya berhasil daftar, bayar dan cetak kartu online...

    semoga segera ada solusi ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya lebih enjoy kalau langsung ke kantor BPJS ya mbak daripada online...

      Hapus
  2. Semoga saja terjadi perubahan mutu pelayanan dalam bidang teknologi online BPJS ya Mba, karena ini sangat dibutuhkan bagi masayrakat untuk mepermudah pendaftaran dan pendataan secara online.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah semetinya begitu mas, siapapun yang menguasai hajat hidup orang banyak, sudah semestinya membuat lebih mudah bukan sebaliknya.... :)

      Hapus
  3. apapun itu jenis yang mereka tawarkan, kalau yang namanya jasa online sudah pasti ada baik dan buruknya,dari jual beli sampai ketahapan pembayaran sesuatu lewat online, tetapi tidak semua juga yang merasakan rasa yang menjengkelkan seperti yang mbak yuni ceritakan.

    jadi tergantung kita mau menggunakan jasa seperti itu atau tidak, karena seperti diatas ada bahasa tentang hosting murahan, karena itu mungkin tidak berhubungan, tetapi lebih kepada pelayanan mereka yang kurang memuaskan pelanggan.

    kalau ini dibaca sipemilik hosting, bisa marah ntar sama mbak yuni, padahalkan marahnya pada jasa BPJS dan segenap crewnya bukan, hehe,,!! karena banyak perkara yang terjadi karena kita khilaf yang menuliskan sesuatu dengan alasan canda, tetapi ada pihak yang tersindir.

    maaf ya mbak, karena komentar saya ini terlalu panjang, hanya memberi masukan sesama sahabat blogger. dan salam kenal dari SB-77

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih tanggapannya mbak Devi.

      Dalam hal ini saya yakin tidak akan membuat pemilik hosting marah karena mereka adalah sebagai pihak yang disewa jasanya sesuai dengan paket-paket tertentu yang dibutuhkan oleh client/pelanggan. Sebagai contoh, hosting seperti Idhostinger memberikan paket Hosting Gratis, Premium dan Bisnis. Masing-masing paket mempunyai fasilitas yang berbeda baik dilihat dari disk space, Kecepatan jaringan server, dan kualitas server yang digunakan. Saya yakin Mbak Devi lebih paham dari pada saya yang masih hijau.

      Bila situs BPJS ini menggunakan hosting standart website seperti diatas maka dipastikan tidak akan mampu menampung akses dari 100 juta pengguna internet secara bersamaan. Menurut saya, sebagai lembaga yang ditunjuk negara untuk mengelola database seluruh rakyat Indonesia, sudah selayaknya menggunakan server dan hosting milik negara.

      Kalau mau dilihat, situs BPJS ber-IP 103.11.99.175 dan menggunakan Hosting Skyline Semesta, PT. Artinya, bisa jadi menggunaan hosting sewaan dengan fasilitas fasilitas tertentu sesuai dengan paket yag dibeli oleh client. (silahkan check melalui Whoishostingthis.com)

      Dan menurut saya inilah salah satu kelemahannya yang mengakibatkan server down bukan karena di hack tetapi kerena kelebihan beban.

      Anyway, terima kasih sarannya...

      Hapus
  4. Hosting murahan dan SDM yg gaptek kayaknya bikin situs bpjs jadi cepet ko.it jeng..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau mau dilihat, situs BPJS ber-IP 103.11.99.175 dan menggunakan Hosting Skyline Semesta, PT. Artinya, bisa jadi menggunaan hosting sewaan dengan fasilitas fasilitas tertentu sesuai dengan paket yag dibeli oleh client.

      Bisa jadi karena tidak mampu menampung beban akses maka semakin lambat dan selalu eror..

      Hapus
  5. Amiien semoga do'a mbak Yuni dikabulkan krena aku juga merasakan hal yg sama spt mbak Yuni tapi takut yg mau mengungkapkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau maksudnya untuk perbaikan bukan diartikan sebagai penghinaan kalau saya no problem mbak.....basa-basi akan menghambat jalan perbaikan....:)

      Hapus
  6. daftar susah, nge-klaim saat berobat nanti juga susah mba.. ribet surat pengantar kalau mau spesialis. ribet tindakan. ribet ribet ribet.... yang begini belum bisa memudahkan masyarakat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jan-jane saya sendiri berharap adanya perubahan yang fokus pada kemudahan dan pelayanan total kepada masyarakat mbak....semoga saja kelak suatu saat...:)

      Hapus
  7. Sabar aja mbak, begitulah realita di negeri kita. Kemajuan IT menjadi prioritas tapi kadang lupa untuk memajukan SDMnya. Atau kadang SDMnya sudah siap malah anggrannnya yang ala kadarnya.

    Jadi andai saya WNA tersebut, mungkin akan mengatakan "Keep calm" ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itulah Indonesia mas.....aku cinta Indonesia tetapi tidak pada kinerja lembaga-lembaga negara yang tidak fokus pada pelayanan masyarakat..... No Keep Calm...

      Hapus
    2. cukup bersabar kok :)

      Hapus
  8. bpjs online 6 januari 2015 parah...dari pagi sampai malam ini jam 11:30...
    nda bisa konek.. aturanya tambah ribet,bayar,daftarnya susah pula,mau daftar offline kaya mau di bagiin sumbangan mesti ngantri........buang buang waktu..servernya paling lemooottt. melayani umat jangan pakai amatiran donk

    BalasHapus
  9. ada baiknya,,mending ke kantor nya ja langsung,,,
    saya juga daftar langsung ke kantornya,,
    gak ribet ko,,,
    ^_^

    BalasHapus
  10. artikelnya bagus gan,
    saya tunggu postingan selanjutnya

    BalasHapus
  11. menarik infonya
    saya tunggu informasi selanjutnya

    BalasHapus
  12. jangankan mau mendaftar online... mau setor iuran saja servernya sering eror...

    BalasHapus

Posting Komentar

HIMBAUAN BERKOMENTAR :
1. Tersenyum Dulu | 2. Berkomentarlah sesuai dengan artikel diatas | 3. Gunakan Open ID / Name Url / Google+ | 4. Gunakan Bahasa Yang Jelas | 5. Jaga Kesopanan Ingat Pasal 27, Pasal 28, dan Pasal 29 UU ITE :) | 6. Jangan Nye-SPAM | 7. Maaf, link aktif otomatis terhapus| 8. Jangan Berpromosi | 9. Jangan minta transfer pulsa | 10. Begitulah.

Postingan Populer