Ups...Sungkem Ternyata Bukan Tradisi Islam


ilustrasi



Sungkeman merupakan yang lumrah dan sering kita lakukan terutama kepada orang tua atau orang yang dituakan dan masih sebagai keluarga. Tradisi ini berkembang di Jawa dan dilakukan pada saat-saat tertentu seperti hari raya, pernikahan, atau dalam peringatan tradisi tertentu. 

Nah, ada beberapa keterangan hadist yang mengatakan bahwa sungkeman bukan tradisi Islam. Oleh karenanya sungkeman bahkan dianggap sebagai  hal yang sia-sia bahkan bid'ah. Beberapa hadist Nabi yang dijadikan rujukan adalah sebagai berikut :

“Barangsiapa yang suka seseorang berdiri untuknya, maka persiapkanlah tempat duduknya di neraka”. (HR. Abu Dawud: 5229, At-Tirmidzi: 2753, Ahmad 4/93, Al-Bukhari dalam Al-Adabul-Mufrad :977dan Abu Nu’aim dalam Akhbar Ashbahaan 1/219; dishahihkan oleh syaikh Al-Albani dalam Silsilah Shohihah I/627). 

Hadist yang datang dari Rasul ini menjelaskan bahwa kita tidak boleh memberi penghormatan kepada seseorang dengan berdiri atau pun sungkem untuk memuliakan dan mengagungkannya.

“Tidak ada seorang pun yang lebih mereka (para shahabat) cintai saat melihatnya selain Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam. Namun jika melihat beliau, mereka tidak pernah berdiri karena mereka mengetahui kebencian beliau atas hal itu”. (HR. Al-Bukhari Al-Adabul-Mufrad: 946, At-Tirmidzi: 2754 dan Asy-Syamaail:335, Ibnu Abi Syaibah 8/586, Ahmad 3/132 & 134 & 151 & 250, Abu Ya’laa no. 3784, Ath-Thahawiy dalam Syarh Musykilil-Atsar no. 1126, dan yang lainnya; shahih).

Para sahabat tidak pernah berdiri ketika Rasululloh datang, hal ini karena Rasululloh sangat membenci hal tersebut.

Syaikh Muhammad bin Jamil Zainu Hafizohulloh juga mengatakan bahwa “Pengulangan berdiri untuk mengormati seorang alim ( guru atau ustadz)  atau orang yang masuk akan menimbulkan pada diri keduanya rasa cinta terhadap penghormatan dengan berdiri, di mana tidak terdapat perasaan gelisah pada dirinya, dan mereka yang berdiri merupakan pembantu bagi syaitan dalam memberikan rasa cinta penghormatan berdiri bagi yang datang, Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Janganlah kalian menjadi penolong setan atas saudara kalian” [HR. Bukhari:6781] (Minhaj firqotun najiah wa thoifatul manshuroh hal 128, darul haromain).

Bagaimana menurut anda apakah sumkem kepada kedua orang tua kandung masuk dalam kategori penjelasan hadist diatas ?  

Wallahu A'lam Bishawab. 


Komentar

  1. Pokoknya saya mau ngucapin :

    Bismillahhirrahmannirrahim
    Ambil daun jalin ketupat, ketupat dijalin daun kelapa,
    andai jari tak dapat berjabat, tapi kata masih bisa berucap
    10 jari tersusun rapi, melati pengharum hati pengganti diri,

    Taqobbal Allahu minna wa minkum
    SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1435 H
    Minal aidin walfaidzin,
    Maaf lahir & bathin …
    -Amin!

    Wassalamualaikum Wr Wb.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih mas,
      Taqobbal Allahu minna wa minkum, Taqoballahu Ya Karim

      Hapus
  2. Taqobalallahumina waminkum

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih mas,
      Taqobbal Allahu minna wa minkum, Taqoballahu Ya Karim

      Hapus
  3. Taqobbal Allahu minna wa minkum
    SELAMAT HARI RAYA IDUL FOTRI 1435H
    Minal aidzin wafaidzin
    Maaf lahir batin

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih Mbak,
      Taqobbal Allahu minna wa minkum, Taqoballahu Ya Karim

      Hapus
  4. Tapi hadits di atas itu shahih gak ya? :3

    BalasHapus
  5. :) sudut pandang yang berbeda.....

    BalasHapus
  6. saya sendiri seumur hidup tidak pernah sungkem dan tdk mentradisikan, meskipun sebagian masyarakt sekitar masih mnjalankn, kbetulan ortug tdk tdk mengajarkan..klo lebaran paling sekedar salaman dan mengucapkan sugeng riyadin

    taqabbalallahu mina waminka

    klo sungkem masih dalam batas sekedar penghormatan, bukan pengkultusan individu menurut saya masih bisa dimengerti.

    BalasHapus
  7. Telaah dong hadistnya,bgaimana isinya kmudian kualitas hadisnya,kayanya judul sama hadis gak nymbung deh,,,di judul sungkeman tapi d hadis menerangkn tentang berdiri,,,tolong postnya mesti bener2 logis,ilmiah soalnya ini menyangkut rasa penghormatan kita kpada org tua,terima kasih

    BalasHapus

Posting Komentar

HIMBAUAN BERKOMENTAR :
1. Tersenyum Dulu | 2. Berkomentarlah sesuai dengan artikel diatas | 3. Gunakan Open ID / Name Url / Google+ | 4. Gunakan Bahasa Yang Jelas | 5. Jaga Kesopanan Ingat Pasal 27, Pasal 28, dan Pasal 29 UU ITE :) | 6. Jangan Nye-SPAM | 7. Maaf, link aktif otomatis terhapus| 8. Jangan Berpromosi | 9. Jangan minta transfer pulsa | 10. Begitulah.

Postingan Populer