Pekerja Sosial, No Need To Be Paid !


Posyandu Purwomartani


Apa beda sebuah pekerjaan dan kerja sosial ? Secara umum perbedaanya terletak pada orientasinya. Pekerjaan mempunyai orientasi pada finansial, kehormatan, jabatan dan penghargaan-penghargaan tertentu yang berujung pada pemenuhan kebutuhan hidup (need). Sedangkan kerja sosial biasanya bersifat pengabdian (charity) alias no need to be paid ! Anda boleh berbeda pendapat dengan saya.

Seluruh orang membutuhkan pekerjaan baik pada sebuah institusi atau usaha mandiri. Tetapi, tidak semua orang mau untuk kerja sosial. Kenapa ? Sebagian orang akan bilang, "Come on, it's wasted time, No money we get !". Namanya saja kerja sosial maka jangan pernah berharap mengalirnya uang ke kantong kita. 


Pekerja Sosial
Kerja Sosial Dapat Apa ?

Kalau saya jawab surga, sepertinya anda pasti tertawa. Tapi okelah tak mengapa, kalau toh pun iya itu semata-mata urusan Tuhan. Banyak prasyarat bila dikait dengan kata itu, ikhlas dan tidak riya' dua di antaranya. Pekerjaan sosial itu tidak mendapatkan apa-apa selain kepuasan batin melayani dan menolong orang lain. Membuat hidup ini berharga dan berguna bagi orang lain. Kalau dalam harta kita saja ada hak orang lain di situ, tentu saja hidup kita demkian juga. 

Ada pendapat yang mengatakan bahwa pekerjaan sosial salah satu bentuk sedekah. Tentu saja bila terminologi sedekah diterima secara universal, melintasi batas-batas keyakinan dan agama apapun. Bisa jadi hanya istilah saja yang berbeda tetapi mempunyai maksud yang sama. I really don't know !


Siapa Pekerja Sosial di Sekitar Kita ?

Beberapa di antaranya ada di sekitar kita yang dapat kita sebut sebagai pekerja sosial. Mereka adalah RT, RW, Pengurus PKK, Pengurus Posyandu dan sejenisnya. Mungkin anda bisa menambahkan beberapa yang tidak saya ketahui. Beberapa yang saya sebutkan tadi telah menyerahkan dirinya untuk melayani orang lain tanpa dibayar dan tanpa balas jasa. Kalau boleh saya katakan, justru merekalah yang patut disebut Pahlawan Tanpa Tanda Jasa

Terus terang ada kontradiksi dalam pemikiran saya, kenapa justru Bapak dan Ibu Guru yang mendapat predikat tersebut. Padahal mereka mendapatkan gaji, tunjangan-tunjangan dan uang pensiun ketika memasuki masa purnabhakti. Bahkan kalau terjadi kenaikan gaji secara nasional, dapat menciptakan naiknya harga-harga bumbu dapur dan inflasi. 

Saya tidak bermaksud menggugat sebutan pahlawan bagi profesi guru. Atau mencoba mengacak-acak pemikiran anda atas keyakinan itu. Biarlah berlaku seperti adanya. Saya yakin anda bisa memahami, kearah mana pendapat saya ini bermuara. Lha wong saya ini hanya seorang ibu rumah tangga biasa kok. Lalu bisa apa?

#Mewek

          
  
   

Komentar

  1. Ibu RT biasa juga biasa kok melakukan pekerjaan yang membanggakan. Jadi jangan merendahkan diri sendirilah bu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ibu RT bukan pekerja sosial, mak, karena pekerjaan dia tidak melayani orang lain tetapi keluarga. Jadi, saya terpaksa membedakan Pekerjaan Ibu RT dengan pekerja sosial. Inti perbedaanya itu pada Siapa yang dilayani....tapi terima kasih masukannya...:)

      Hapus
  2. pekerjaan dan kerja sosial , bila dilakukan dengan ikhlas dan niatnya ibadah, insyaAllah jaminannya surga juga, beda fokus he

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, segala sesuat kalau ikhlas pasti mendatangkan surga...amien...terima kasih kunjungannya...

      Hapus

Posting Komentar

HIMBAUAN BERKOMENTAR :
1. Tersenyum Dulu | 2. Berkomentarlah sesuai dengan artikel diatas | 3. Gunakan Open ID / Name Url / Google+ | 4. Gunakan Bahasa Yang Jelas | 5. Jaga Kesopanan Ingat Pasal 27, Pasal 28, dan Pasal 29 UU ITE :) | 6. Jangan Nye-SPAM | 7. Maaf, link aktif otomatis terhapus| 8. Jangan Berpromosi | 9. Jangan minta transfer pulsa | 10. Begitulah.

Postingan Populer